Program BLT-DD Rp739,819 Miliar Masih Berlanjut hingga September

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Anggaran Dana Desa (DD) di Provinsi Lampung masih difokuskan untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pemerintah Desa dan Kelurahan, Ganjar Jationo mewakili Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Fitrianita Damhuri, S.ST, M.Si.

Bacaan Lainnya



“Saat ini DD masih tetap terus disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD),” katanya.

Untuk di Provinsi Lampung sesuai dengan data BLT keseluruhan yang disalurkan maksimal pagu bantuan langsung tunai dari dana desa sebanyak Rp739,819 miliar lebih di Provinsi Lampung yang tersebar untuk 13 kabupaten, 203 kecamatan dan 2.435 desa.

Ada beberapa kriteria penerima BLT-DD yang ditetapkan, seperti bukan penerima PKH, bukan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) maupun bansos tunai. 

“Misalkan ada kepala keluarga terkena penyakit kronis atau kehilangan mata pencaharian dan tidak terdata sebagai penerima bantuan lainnya, maka itu masuk kategori penerima BLT,” jelasnya.  

Pihaknya hingga kini terus berupaya menyalurkan BLT-DD sebagaimana diamanatkan Permenkeu No.50/2020 dan Permendes PDTT No.7/2020 tentang Perubahan Kedua Permendes No.11/2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

“Pada gelombang kedua ini, keluarga penerima manfaat akan mendapat BLT-DD Rp300 ribu per KK per bulan. Itu berlangsung hingga September mendatang,” pungkasnya. (ded/mlo)



Pos terkait