Program Indonesia Terang, 14 Pekon di Lambar akan Terima PJU-TS 

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Sebanyak 14 Pekon di empat kecamatan di Kabupaten Lampung Barat akan mendapat program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS).

Pemasangan lampu PJU-TS ini merupakan bagian dari program pemerintah pusat melalui PT Diaz Biro Persada dan untuk Provinsi Lampung dilaksanakan oleh PT Mandra Sakti Abadi.  

Bacaan Lainnya

Koordinator Program Daerah Lambar, Sukirin menjelaskan, PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya, sehingga menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PT PLN (Persero) maupun pada daerah-daerah yang telah teraliri listrik, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

“Bantuan ini secara seremoni telah diterima oleh 14 pekon di Lambar, tepatnya 10 Pekon di Kecamatan Batuketulis, kemudian Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagardewa, Pekon Giham Sukamaju di Kecamatan Sekincau dan Pekon Bedudu Kecamatan Belalau. Adapun pemasangan kita prioritaskan pada akses jalan yang masih minim penerangan,” jelasnya. 

Lanjutnya, usai dilaunching di wilayah Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Lampung Selatan pada Sabtu (5/9), bagi para penerima program khususnya di Kabupaten Lambar kini tinggal menunggu proses pemasangan.

“Rencananya besok (Senin *red) kita akan kedatangan tim teknis selaku pihak yang berwenang melakukan pemasangan. Kedatangan mereka untuk menentukan titik koordinat pemasangan, mudah-mudahan program ini berjalan sukses dan lancar,” harapnya.

Sementara Peratin Kubuliku Jaya Romlan, sebagai salah satu penerima program menyampaikan ucapan terima kasih atas terwujudnya program ini dan berharap dengan adanya bantuan PJU-TS ini dapat mengatasi minimnya penerangan di wilayah setempat.

“Tentunya kami berharap bantuan PJU-TS ini dapat membantu masyarakat, karena memang ada beberapa wilayah yang penerangannya jalannya masih minim atau belum merata,” imbuhnya.(edi/mlo)


Pos terkait