Program Peremajaan Kopi Dialokasikan untuk 400 Ha

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun ini kembali memprogram peremajaan tanaman kopi. Hal itu dalam rangka meningkatkan produksi kopi yang ada di kabupaten Beguai Jejama Sai Betik ini.

Instansi tersebut akan menyiapkan sebanyak 310.000 batang bibit tanaman kopi unggul yang didatangkan dari sumber benih yang bersertifikat.

Bacaan Lainnya



Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P., mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si., mengatakan,  untuk program peremajaan tanam kopi yang bersumber dari  APBN sebanyak 300 ribu batang untuk lahan seluas 300 Hektar (Ha) serta pupuk organik sebanyak 100 kilogram.  “Untuk kelompok tani penerima program belum kita tentukan karena kita baru mau melakukan CPCL (calon petani calon lokasi) pada bulan Februari mendatang,” ungkap Sumarlin.

Sementara dari APBD Lambar, lanjut Sumarlin, untuk program intensifikasi dan peremajaan untuk sambung entris kopi, akan disiapkan sebanyak 10.000 batang tanaman entris kopi untuk 100 Ha, artinya satu hektar akan disiapkan 100 batang. “Tanaman entris tersebut akan disambungkan dengan tanaman yang sudah ada,” kata dia.

Masih kata dia, program peremajaan tanaman kopi tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan produksi kopi kedepanya, karena sampai saat ini masih banyak lahan perkebunan kopi yang belum dilakukan peremajaan sementara kondisi tanamanya sudah tua.  “Program peremajaan melalui bantuan bibit entris ini adalah untuk mendorong para petani agar dapat melaksanakan peremajaan bagi tanaman kopi terutama bagi tanaman kopi yang kondisinya sudah tua, sehingga diharapkan nantinya produksinya meningkat,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait