Program Token Listrik Gratis Diperpanjang Hingga Maret 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Subsidi listrik melalui token listrik gratis kembali berlaku. Pasalnya pemerintah melalui kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperpanjang program token listrik gratis PLN bagi konsumen rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA hingga Maret tahun 2021 mendatang.

Sama seperti sebelumnya, untuk pelanggan rumah tangga kategori daya 450 VA mendapat diskon 100 % alias gratis. Selanjutnya, diskon 50 % diberikan kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

Bacaan Lainnya


Perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menindaklanjuti kebijakan itu, Manager PT PLN Rayon Liwa Ari Setiawan menyatakan siap untuk melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus token listrik gratis 2021 tersebut.

“Ya, sesuai peraturan dari pemerintah melalui kementerian ESDM program listrik gratis diperpanjang, dan secara sistem kita memang sudah siap karena ini sifatnya perpanjangan,” ujar Ari.

Dijelaskannya, bantuan stimulus pandemi Covid-19 berupa subsidi listrik token gratis atau diskon listrik bagi pelanggan PLN tersebut sudah mulai bisa dinikmati pada 7 Januari 2021.

“Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, kami (PT PLN) menyediakan dua cara bagi pelanggan untuk mendapatkan token gratis, yakni melalui situs web dan WhatsApp resmi perseroan,” jelasnya. 

Adapun acra tersebut yaitu via website PLN atau PLN online pelanggan dapat mengakses website resmi PLN di layanan www.pln.co.id.  Pilih menu ‘pelanggan’, klik opsi ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)’. Masukan ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom pencarian dan identitas pelanggan yang tampil pada layar.

“Jangan lupa isi kode captcha di kolom Masukkan kata di samping” Klik tombol ‘Cari’, selanjutnya Token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan, apabila Token gratis listrik berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter,” paparnya.

Selanjutnya untuk cara kedua melalui aplikasi WA, pelanggan dapat menghubungi PLN via nomor 08122123123, selanjutnya memulai perbincangan dengan mengetik keyword “Listrik Gratis” atau bisa mengetikan nomor ID pelanggan.

“Masukan id pelanggan atau nomor meter sesuai dengan petunjuk yang muncul pada layar, kemudian Token listrik gratis akan tampil di layar selanjutnya pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.Kompensasi listrik gratis PLN atau diskon listrik diterima pelanggan dalam bentuk token yang akan diberikan setiap bulan,” imbuhnya.(edi/mlo)




Pos terkait