Progres Program Perumahan Swadaya di Lambar Sudah 50 Persen

  • Whatsapp
Kabid Penataan Ruang pada DPUPR Lambar Endiawan, ST, MT

Medialampung.co.id – Memasuki bulan Agustus 2021 ini progres pelaksanaan program Perumahan Swadaya di Kabupaten Lampung Barat telah mencapai 50 persen. Sehingga diyakini dalam dua bulan kedepan pelaksanaannya rampung 100 persen. 

Kabid Penataan Ruang pada DPUPR Lambar Endiawan, ST, MT., mengungkapkan, tahun ini terdapat 143 Kepala Keluarga (KK) menerima bedah rumah dari program. Perumahan swadaya dari Kementerian DPUPR bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Dalam program tersebut, pemerintah pusat menggelontorkan anggaran sebesar Rp2,8 miliar.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah untuk saat ini progresnya sudah 50 persen, semoga tidak ada kendala sehingga bisa terselesaikan tepat waktu, dan kami berterimakasih karena dalam pelaksanaannya juga terdapat swadaya masyarakat penerima, sehingga tidak hanya mengandalkan dana bantuan yang diberikan oleh pemerintah saja, ” ungkap Endiawan. 

Dijelaskan, sebanyak 143 KK tersebut tersebar di empat pekon di lima kecamatan yaitu Pekon Gedungsurian Kecamatan Gedungsurian 20 unit, Pekon Muarajaya 1 Kecamatan Kebuntebu 42 unit, Pekon Tembelang Kecamatan Bandarnegeri Suoh 40 unit dan Kelurahan Pajarbulan Kecamatan Waytenong 41 unit.

“Tahun 2020 lalu setiap KK menerima bantuan sebesar Rp17,5 juta namun untuk tahun ini jumlah bantuan yang diberikan sebesar Rp20 juta rinciannya Rp2,5 juta untuk upah tukang dan Rp15 juta bantuan dalam bentuk material bangunan,” ungkapnya. 

Ia menambahkan, adapun kriteria masyarakat yang mendapatkan program perumahan swadaya antara lain masyarakat berpenghasilan rendah serta memiliki atau menguasai tanah. 

“Kita berharap dengan adanya bantuan program perumahan swadaya ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak huni,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait