Proses Evakuasi Material Longsor Diprediksi Mencapai Empat Hari

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kapolres Lampung Barat  AKBP Rachmat Tri Hariyadi S.I.K., M.H., bersama Dandim 0422/LB Letkol CZI Beni Setiawan, S.T., meninjau lokasi longsor mulai dari Pal 15 sampai Pal 22 Kawasan Taman NasionaL Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Sabtu (25/1) dini hari sekitar pukul 02:00 WIB

“Dari hasil peninjauan, longsor dan pohon tumbang terjadi di enam titik mulai dari Pal 15 sampai Pal 22. material longsor di tiga titik terdiri dari tanah dan pohon, sementara di titik lainnya murni lumpur,” terang Rachmat.

Bacaan Lainnya



Sejauh ini, kata dia, anggota Polri bersama TNI dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUR) masih melakukan proses evakuasi material longsor.

“Sejauh ini kami masih melakukan evakuasi, untuk titik terparah ada di Pal 15, dimana material longsor mencapai 50 sampai 100 meter di dua titik,” imbuhnya.

Besarnya volume longsor di enam titik tersebut, membuat proses evakuasi akan berlangsung lama, dengan estimasi waktu empat hingga lima hari.

“Kalau dilihat dari besarnya material longsor, proses evakuasi kita prediksi akan berlangsung selama empat sampai lima hari, dan jalur antar kabupaten ini baru akan terbuka,” imbuh dia.

Sementara, dari informasi yang dihimpun, untuk membantu proses evakuasi  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) menurunkan satu alat berat guna membantu proses evakuasi material longsor.(edi/mlo)



Pos terkait