PT NM Minim Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus secara langsung mempertanyakan terkait pemberdayaan tenaga kerja lokal dalam ekplorasi tambang emas yang dilakukan oleh pihak PT. Natarang Mining (NM), yang diketahui sangat minim memberdayakan tenaga kerja lokal. Hal tersebut disampaikan Parosil Mabsus dalam pertemuan dengan jajaran direksi pihak PT NM yang dipimpin langsung Presiden Direktur Ivan Kuswadi, yang digelar di Kantor  PT NM  Pekon Gunung Doh Kecamatan Bandarnegeri Semuong, Senin (20/1).

“Untuk pemberdayaan tenaga kerja lokal seperti apa? sudahkan menjadi prioritas, karena tuntutan dari masyarakat khususnya Pekon Bandaragung bahwa untuk jumlah tenaga kerja lokal sangat minim,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya



Sementara Manager HSE PT NM Abjan Masuara mengatakan, untuk jumlah tenaga kerja site berjumlah 524 orang karyawan, untuk karyawan Natarang Mining ada 267 dan kontraktor 257 orang. “Saat berhentinya produksi di Blok Way Linggau akhir tahun 2019 lalu terjadi pengurangan karyawan sebanyak 76 orang, dan perlu diketahui disini yang murni karyawan PT Natarang Mining hanya 267 oranh sisanya 257 orang itu karyawan kontraktor, contohnya security, kantin dan lainnya,” ujar Abjan.

Ia mengakui untuk jumlah karyawan PT NM itu mayoritas dari Kabupaten Tanggamus, dengan jumlah sekitar 72 persen dari jumlah karyawan yang ada dari 11 kabupaten/kota di Lampung, sementara 28 persen dari luar Lampung.

“Untuk jumlah karyawan memang lebih banyak dari Tanggamus sekitar 50 persen dan dari Lampung Barat sekitar 20 persen, dan kami terus melakukan pengurangan karyawan dari luar Lampung,” kata dia. (nop/lus/mlo)



Pos terkait