PTM Terbatas di Pringsewu Dimulai Besok

  • Whatsapp
Sekolah terus mempersiapkan pembelajaran tatap muka meski masih terbatas tak hanya siswa namun juga tenaga pendidik seperti di SMPN 5 Pringsewu

Medialampung.co.id – Akhirnya Kabupaten Pringsewu akan menggelar Pembelajanan Talap Muka (PTM) Terbatas mulai Senin (20/9).

Surat bernomor 800/243/D.O1/2021 yang ditandatangani kadis pendidikan dan kebudayaan Pringsewu Hipni, SE., MM., juga telah dikirim ke sekolah.

Bacaan Lainnya

PTM terbatas mengacu sejumlah aturan di antaranya Surat Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu Nomor 800/144/U.01/2021 tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Tahun Pelajaran 2021/202.

Bahwa sehubungan dengan Kabupaten Pringsewu pada saat íni berada pada Kriteria Level 3 Coronavirus Disease 2019, maka kami memberikan izin pembelajaran tatap muka terbatas pada satuan pendidikan yang telah memenuhi persyaratan.

“PTM terbatas mulai Senin (20/9) besok,” terang Kadisdikbud Pringsewu Hipni melalui sekretarisnya Rustian. 

Dikatakannya, dalam surat yang ditujukan ke sekolah tersebut memuat berbagai hal. Diantaranya pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan dengan sistem shifting mulai tanggal 20 September 2021 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, yaitu Sarana prasarana protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di satuan pendidikan terpenuhí dengan baik.

Memasang banner dan spanduk himbauan, informasi dan peringatan tentang pencegahan penyebaran Covid-19 di pintu gerbang sekolah dan area lingkungan sekolah.

Melakukan pengukuran suhu tubuh pada setiap orang dengan Digital infrared Thermometer di pintu gerbang sekolah.

Warga sekolah menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis atau masker sekali pakai/masker bedah yang menutupi hidung dan mulut sampai dagu.

Masker kain digunakan paling lama 4 jam atau sebelum 4 jam jika sudah lembab/basah.

Cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer) dan menyiapkan cadangan masker.

Tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, sanitizer di depan gerbang sekolah dan depan ruang tiap kelas.

Terkait PTM Sekolah terus mempersiapkan diri menyusul rencana Pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Pringsewu. Sarana dan prasarana pendukung juga terus di lengkapi. 

“Intinya sekolah siap untuk menggelar PTM,” terang ketua MKKS SMP Pringsewu Rahmanto. 

Hal senada dikatakan kepala SMPN 5 Pringsewu Dr. Muhtasor, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah langkah.

“Insya Allah siap mas, beberapa hal telah disiapkan,” ungkapnya. 

Lanjut doktor alumni UPI itu diantara yakni untuk ruang kelas sudah di setting dengan meja kursi PTM terbatas kapasitas 50% dari jumlah yakni per kelas 16. Termasuk tempat cuci tangan diair mengalir di 18 titik, hand sanitizer, masker, thermogun.

“Serta sudah ada MoU dengan pihak Puskesmas Pringsewu,” terangnya.

“Perangkat pembelajaran guru juga sudah siap,” tambah Muhtasor.

Untuk Sekolah Dasar di Pringsewu dari pantauan wartawan juga telah siap menyambut PTM. Seperti di SD Muhammadiyah Pringsewu, SD negeri Patoman. Terlihat wastafel atau tempat cuci tangan berjejer di depan ruang kelas. 

Bahkan sebagai bentuk pembiasan baru, SD Muhammadiyah Pringsewu juga telah mensimulasikannya.(sag/mlo)


Pos terkait