Pulang dari Bandarlampung, Bocah 8 Tahun Positif Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – R (8 tahun) Warga Pekon Kubuperahu Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat, terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) berdasarkan release yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung  per tanggal 13 Desember 2020.

Sehingga saat ini jumlah  total terkonfirmasi Covid-19 di Lambar sebanyak 56 orang, 55 kasus lama,  dua diantaranya meninggal dunia, dan sebanyak 47 selesai isolasi dan dinyatakan sehat.

Bacaan Lainnya


Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Lambar Paijo, SKM, M.Kes., mengatakan, R sebelumnya telah bepergian ke Bandarlampung yang merupakan daerah zona merah penyebaran Covid-19, dan dilakukan rapid test serta ditindaklanjuti dengan Swab dan  hasilnya positif terpapar Covid-19.

”Anak tersebut dinyatakan terpapar Covid-19 tertanggal 12 Desember dan dirilis pada tanggal 13 Desember, untuk selanjutnya anak tersebut dilakukan isolasi mandiri,” ungkap Paijo yang juga kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lambar Ira Permata Sari, S.Farm.Apt.

Dengan terus bertambahnya  warga yang terkonfirmasi Covid-19, Paijo mengimbau kepada warga untuk tetap waspada namun tidak panik, terus menerapkan protokol kesehatan, serta mengimbau agar terlebih dahulu menunda bepergian ke daerah-daerah yang zona merah, terlebih saat ini  untuk penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung hanya Lampung Barat dan Tulang Bawang saja yang zona kuning, selebihnya zona oranye dan untuk  Bandarlampung kini zona merah.

”Sehingga selain menerapkan protokol kesehatan, tentu kami imbau kepada warga untuk lebih baik menunda perjalanan ke luar daerah yang penyebaran Covid-19 nya tinggi, terlebih ke Bandarlampung yang saat ini masih berada di zona merah penyebaran Covid-19,” Kata dia.

Sementara sebelumnya, hasil Tracing terhadap Ny. W salah satu aparatur sipil Negara (ASN) di  salah satu instansi pemerintahan di Lambar, yang positif  terpapar Covid-19, ditemukan satu orang yang juga positif terpapar atas nama tuan R (40), yang sebelumnya menjadi salah satu orang dilakukan Swab beberapa waktu lalu.

Selain hasil dari tracing terhadap Ny. W, terdapat penambahan satu orang lainnya yakni tuan E (42) yang diketahui memiliki riwayat ke luar daerah. Sehingga saat ini total kasus Covid-19 di Lambar berjumlah sebanyak 54 orang.

Tuan R sebelumnya dilakukan Swab dikarenakan menjadi salah satu orang yang melakukan kontak erat dengan Ny. W, dan hasil Swab yang dilakukan dinyatakan positif terpapar Covid-19, sementara untuk tuan E diketahui telah melakukan perjalanan ke luar daerah dalam hal ini sempat ke Kota Baturaja. (nop/mlo)




Pos terkait