Puluhan Hektar Sawah-Pemukiman Warga Terendam Banjir

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Puluhan hektare (Ha) sawah dan pemukiman warga  di Pekon Kerang, Kecamatan Batubrak dan Pekon Bedudu, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat terendam banjir akibat meluapnya sungai (way) Semangka, Minggu (3/5) sekitar pukul 05:00 WIB.

Sungai yang kini kondisinya semakin parah akibat dampak erosi tersebut tidak mampu menampung debit air di tengah tingginya curah hujan yang melanda kawasan setempat sejak Sabtu malam (2/5). Hingga meluap dan menggenangi areal persawahan dan pemukiman warga.

Bacaan Lainnya



Kabid Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa, mendampingi Plt. kepala BPBD Ismet Inoni, mengatakan, berdasarkan laporan yang dihimpun Pusdalops dampak luapan sungai tersebut khususnya di wilayah pemangku 2 Pekon Bedudu, mengakibatkan sekitar 15 hektar sawah beserta 10 unit gubuk terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 1,5 meter.

“Sementara, di pekon kerang tepatnya di pemangku 1 ada empat unit rumah terendam berikut dengan kebun kopi sekitar 1/2 hektar,” teranganya.

Kemudian, lanjutnya, di wilayah pemangku 3, terdapat sekitar 12 unit rumah dan satu masjid terdampak terendam, termasuk 11 hektar sawah dan  kebun kopi.

“Sejauh ini tim kami masih turun ke lokasi untuk melakukan pendataan, dan berdasarkan laporan  alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” pungkas dia.(edi/mlo)



Pos terkait