Puluhan Komunitas PA Operasi Bersih Gunung Pesagi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Puluhan komunitas Pecinta Alam (PA) dari berbagai daerah di  Lampung, dengan  jumlah total 118 orang, dan 30 orang panitia yang dimotori oleh Komunitas Ramah Alam dan Lingkungan (Koral) Metro serta Gabungan Pencinta dan Penggiat Alam (Gappela) Kabupaten Lampung Barat, menggelar operasi bersih gunung pesagi, dan aksi penanaman 500 pohon di sepanjang jalur pendakian.

Seremonial upacara pelepasan tim yang tergabung sekaligus  penyerahan bibit buah-buahan, dilaksanakan di Kawasan  Sekuting Terpadu Pekon  Watas Kecamatan Balikbukit. Pendakian, melalui jalur  Pemangku Serhum Pekon Bahway Kecamatan Balikbukit, dengan pembagian  beberapa kelompok untuk memulai pendakian.

Bacaan Lainnya



”Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 16 hingga 18 Agustus 2019, termasuk  tim pendakian melaksanakan upacara pengibaran bendera di puncak,” ungkap Ketua Panitia Rohelisyah.

Menurutnya, pendakian Gunung Pesagi sudah yang ketiga kalinya tiap tahun dilakukan khususnya oleh Koral pada saat memperingati HUT RI Ke-74. Khusus untuk tahun ini, komunitas yang mengikuti kegiatan pendakian gunung pesagi, Komunitas Tubaba, Amran CS, Gembel Gunung.

Kemudian, Sapala MBS, Gespa, Japala MBS, Pandawa Squad, LP3UI, Jauh Hero CS, Fastcom, Darul Arqom, Farqon CS, Save MY Sunday, IADO JPDE, Amron CS, MJS, Bang Udin CS, Maspala, Tarno Lampung Tengah, EAT, Al Muhsin Edvent, dan Ospala masing-masing mengirimkan sebanyak 1 team

”Untuk kegiatan Pendakian Gunung Pesagi, kegaiatan  operasi bersih-bersih, upacara HUT Kemerdekaan RI di Gunung Pesagi, turun Gunung Pesagi dan menuju Gerbang Rimba Pekon Bahway Kecamatan Balik Bukit, Penanaman Bibit Pohon Buah bersama peserta dan Masyarakat,” kata dia.

Lebih lanjut dikatakannya, berangkat dari kondisi kesadaran masyarakat dan kondisi lingkungan terkhusus di sekitar gunung pesagi yang masih membutuhkan penghijauan, maka Koral dalam hal ini bekerjasama dengan  Gappela  bernisiatif nengadakan kegiatan ramah alam menanam lima ratus pohon,  operasi bersih gunung pesagi  3 .

”Kedepan harapan kami  generasi muda tumbuh  kesadaran besar untuk senantiasa menjaga dan melestarikan alam indonesia, karena hutan dan alam adalah jantung bumi,” pungkasnya. (nop/mlo)



Pos terkait