Puluhan Pedagang Adukan Nasib ke DPRD

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Puluhan pedagang di sekitar Tugu Merdeka, pasar pagi Kelurahan Pasar Kota Krui Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mendatangi gedung kantor DPRD Pesbar untuk mengadukan nasibnya ke wakil rakyat setempat, Selasa (7/1).

Pasalnya, puluhan pedagang disekitar tugu merdeka itu resah dan tidak nyaman karena ada surat imbauan dari Pemkab Pesbar melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) agar pedagang segera pindah atau mengosongkan kios serta ruko terhitung sejak Kamis (2/1) hingga Kamis (9/1) besok.

Bacaan Lainnya


Seperti disampaikan salah satu perwakilan pedagang, Nekitiadi, bahwa sebelumnya pedagang di sekitar Tugu Merdeka pasar pagi telah mengirimkan surat ke DPRD Pesbar minta agar dilakukan audiensi yang dijadwalkan hari ini.

Audiensi itu bertujuan untuk mengadukan keresahan pedagang terkait dengan rencana relokasi pedagang karena sekitar tugu merdeka itu akan dilakukan penataan kota krui dan perluasan Tugu Merdeka.

“Selain itu juga ada surat imbauan dari Diskoperindag agar pedagang segera pindah atau mengosongkan kios hingga tanggal 9 Januari 2020, karena itu kami minta solusi dari wakil rakyat di gedung dewan ini,” katanya.

Pedagang lain, Alpian, mengaku pada 2019 lalu Pemkab setempat telah melakukan sosialisasi ke pedagang terkait rencana penataan Kota Krui dan perluasan Tugu Merdeka, bahkan di Desember 2019 lalu pedagang mendapat imbauan untuk menempati kios pasar Way Batu Kecamatan Pesisir Tengah.

“Sampai saat ini belum ada solusi terbaik dari pemkab, kondisi kios di Pasar Way Batu itu kami nilai kurang layak karena sangat kecil dan tidak bisa dijadikan tempat tinggal seperti ruko,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pedagang diterima oleh Wakil Ketua II DPRD Pesbar, Ali Yudiem, S.H., didampingi Sekretaris DPRD setempat Drs. Lekat Maulana, Kabag Risalah dan Persidangan Marhasan Samba serta Kabag Umum, Ermen Patria.

Menurut Ali Yudiem, semua yang disampaikan pedagang dan pemilik ruko itu akan dibahas bersama di DPRD, mengingat pekan ini anggota DPRD Pesbar sudah ada agenda kunjungan kerja di luar daerah, bahkan sore ini pihaknya juga akan turut dalam kunker tersebut.

“Ini akan kita sampaikan ke anggota DPRD dan komisi yang membidanginya, serta kita juga akan memanggil OPD terkait dan pedagang untuk mengagendakan rapat bersama di DPRD Pesbar secepatnya,” jelasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Kabid Perdagangan Suparmi, S.Ip, M.M., mendampingi Kadiskoperindag Pesbar, Herizan, S.E, M.M., membenarkan Diskoperindag telah mengirimkan surat ke pedagang di sekitar Tugu Merdeka pasar pagi Kecamatan Pesisir Tengah itu agar segera menempati dan memanfaatkan kios di pasar Way Batu.

“Pedagang itu adalah binaan Diskoperindag, terlebih di wilayah sekitar tugu merdeka itu akan dilakukan penataan oleh Pemkab. Jika masih ada pedagang yang belum pindah tentu kami tetap mengimbau agar pedagang itu segera pindah,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait