Puluhan Ruas Jalan di Ibukota Lambar Bakal Ditingkatkan

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar terus fokus untuk meningkatkan infastruktur  jalan. Sebab akses jalan merupakan salah satu sarana transportasi yang penting bagi masyarakat di Kabupaten Lambar khususnya di Kecamatan Balikbukit.

Saat ini masih ada ruas jalan yang berada di ibukota Liwa yang kondisinya memprihatinkan dan membutuh perhatian dari pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya



Namun karena keterbatasan anggaran sehingga pemerintah daerah secara bertahap melakukan peningkatan jalan, seperti halnya tahun ini Pemkab melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan melakukan peningkatan jalan di 21 ruas jalan di Kecamatan Balikbukit.

“Tahun ini ada 21 ruas jalan di Kecamatan Balikbukit yang akan ditingkatkan, serta satu ruas jalan dan satu jembatan akan dilakukan pembangunan,” ucap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, Senin (24/2).

Ke-21 ruas jalan yang akan ditingkatkan tersebut, kata Okmal, yaitu  peningkatan jalan Pekon Balak-Sedampah, jalan SP-Sebelat-Sukarame, jalan Sarkum-Jejawi,  jalan lingkungan Gg Garpu Waymengaku, jalan Lingkungan Pekon Sebarus (lanjutan), jalan Lingkungan Sukarame-Cenggiring (lanjutan), jalan lingkar Pekon Watas, jalan Lingkungan SP Kodim-Serdang, jalan Lingkungan komplek Kantor Pengadilan Negeri Liwa (lanjutan), serta jalan Lingkungan Gg Rimbawan Waymengaku.

Kemudian, jalan Lingkungan Pekon Wayempulau Ulu (lanjutan), peningkatan jalan Padangdalom Kecamatan Balikbukit, jalan Lingkungan Pemangku Hangkebik Pekon Sukarame, jalan Lingkungan Pemangku Bakal Pekon Padangcahya (lanjutan), jalan Lingkungan Pemangku Sukarami Pekon Padangcahya (lanjutan), jalan Lingkungan Pemangku Uluk Bernung Pekon Padangcahya (lanjutan). Selain itu, ada peningkatan jalan Lingkungan Lingkar Sabah Beghak, jalan lingkungan Komplek Kodim, jalan lingkungan Sumbai V.1 Waymengaku, jalan lingkungan Gg Berigin Kelurahan Waymengaku, serta jalan Lingkunga Pemangku Sukamenanti.

“Untuk ruas jalan dan jembatan yang akan dibangun yaitu jalan Sukamarga-Landos dan jembatan Way Serbaya (bangunan atas), dan ruas jalan Sebarus-Empulau Ulu akan dilakukan pemeliharaan periodik” ujar dia seraya menambahkan, peningkatan sejumlah ruas jalatersebut bersumber dari APBD Lambar dan dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2020.

Kata dia, peningkatan jalan akan dilakukan pemerintah daerah secara bertahap, itu mengingat keterbatasan anggaran yang ada. “Untuk akses jalan rusak yang belum mendapatkan penanganan tahun ini maka akan diupayakan di tahun-tahun mendatang, sepanjang diusulkan dalam musyawarah rencana pembangunan daerah (musrenbang),” ungkap dia.

Okmal berharap dengan adanya peningkatan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Balikbukit tersebut maka akan mempermudah akses masyarakat dalam melakukan aktivitas, termasuk mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan. (lus/mlo)



Pos terkait