Puluhan Ruas Jalan di Pagardewa Bakal Dibangun-Ditingkatkan

  • Whatsapp
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si

Medialampung.co.id – Kondisi infrastruktur jalan di Kecamatan Pagardewa Kabupaten Lambar terus mendapat perhatian dari Pemkab Lambar. Seperti halnya tahun ini ada 12 ruas jalan yang ada di kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Sekincau itu akan dibangun dan ditingkatkan.

“Tahun ini untuk kegiatan fisik, Kecamatan Pagardewa akan menerima kucuran dana sebesar Rp11,3 miliar lebih, dari jumlah anggaran tersebut antara lain akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan jalan,” tegas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, Minggu (16/2)

Bacaan Lainnya



Menurut Okmal, ke 12 ruas jalan tersebut, rinciannya tiga ruas jalan dilakukan pembangunan yaitu ruas jalan Basungan-Batu Api, ruas jalan Rungau-Pahayujaya dan pembangunan jalan Srengit (Sidomulyo)-Basungan. Kemudian sembilan ruas jalan yang akan dilakukan peningkatan, yakni jalan Lingkar Kantor Camat Pagardewa, jalan Pahayu Jaya-Sidodadi, ruas jalan Serengit (Sidomulyo)-Sidodadi, serta peningkatan jalan Lingkungan Talang Ciamis Pekon Sukajaya (lanjutan).

Kemudian, ruas jalan Lingkungan Pekon Sidomulyo (lanjutan), jalan lingkar Takung Sukamulyo, jalan Lingkungan Pekon Sidodadi, jalan Lingkungan Pekon Margajaya, serta jalan Lingkungan Pekon Pagardewa.

“Anggaran untuk pembangunan dan peningkatan jalan di Kecamatan Pagardewa itu sekitar Rp3 miliar lebih,” ungkap dia.

Selain pembangunan dan peningkatan ruas jalan, lanjut Okmal, tahun ini di Kecamatan Pagardewa juga ada pembangunan Tangki Septik skala individual Pedesaan di Pekon Batuapi dan Pagardewa, pembangunan MCK dan jaringan perpiaan bagi lembaga pendidikan agama minimal 300 siswa menetap di Pekon Pagardewa dan Pekon Basungan.

“Untuk kegiatan rehabilitasi masjid di Pekon Sidomulyo Kecamatan Pagardewa juga dilanjut tahun ini dengan anggaran Rp455 juta,” katanya.

Lanjut dia, di bidang perkebunan dan peternakan akan ada bantuan kambing melalui program pengembangan integrasi kambing dengan tanaman perkebunan, bantuan mesin rumput melalui program  peningkatan daya guna lahan perkebunan berupa bantuan bibit tanaman lada, pupuk kandang serta pupuk NPK 16.16.16, dan program diversifikasi tanaman kopi dengan tanaman berupa bibit lada sambung malada, dan bibit tanaman lada.

“Tahun ini di Kecamatan Pagardewa juga ada empat pekon yang akan menerima program penyediaan air minum dan sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yaitu Pekon Margajaya, Pekon Pagardewa, Pekon Basungan dan Pekon Sidodadi,” paparnya seraya menambahkan, ada juga pengadaan mebeleur sekolah, rahabilitas ruang kelas serta pengadaan peralatan laboratorium.

Dengan adanya sejumlah kegiatan fisik tersebut, pihaknya berharap akses jalan di Kecamatan Pagardewa akan lebih mudah dilalui serta bermanfaat bagi masyarakat di kecamatan setempat. (lus/mlo)



Pos terkait