Puluhan Rumah Warga Suoh Kembali Diserang Gajah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kawanan gajah dengan habitat asli Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) kembali menyerang pemukiman warga di Talang Lokasi Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh, bahkan kondisi tempat tinggal masyarakat penggarap tersebut kini porak-poranda sehingga mengharuskan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Anggota DPRD Lambar Sugeng Hari Kinaryo Adi, yang turun melakukan peninjauan sekaligus bermalam bersama masyarakat untuk berjaga-jaga mengungkapkan, saat ini kawanan gajah masih berada di sekitar curug gading Talang Lokasi, yang hanya berjarak sekitar 300 meter saja dari titik dimana masyarakat berkumpul untuk berjaga-jaga.

Bacaan Lainnya


”Iya saya berada di lokasi, karena kejadiannya tidak hanya sekali saja, maka saat ini untuk Talang Lokasi ada sekitar 25 rumah warga yang porak-poranda, bahkan sebagian besar sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditempati, untuk titik kawanan gajah tersebut berjarak sekitar 300 meter dari lokasi kami, dan rencananya nanti malam saya bersama masyarakat akan ronda untuk berjaga-jaga,” ungkap politisi PDIP tersebut.

Dikatakannya, masyarakat tidak bisa berbuat banyak, saat ini yang dilakukan masyarakat adalah menyelamatkan barang-barang berharga yang berada di dalam rumah yang kondisinya hancur akibat diserang kawanan gajah tersebut.

”Untuk perempuan dan anak-anak itu sudah lama mengungsi ke tempat yang lebih aman, sementara untuk yang laki-laki itu tetap berada di lahan garapan dan bersama-sama Satgas penanganan konflik gajah berjaga-jaga agar kawanan gajah tersebut menjauh ke dalam hutan rimba,” imbuhnya.

Sementara, Kepala BB-TNBBS Bidang Wilayah II Liwa, Resort Suoh, Sulki membenarkan kejadian tersebut.

“Ada 12 ekor gajah yang masuk ke lahan garapan warga dan mengakibatkan kerusakan tempat tinggal warga Talang Lokasi yang cukup parah,” ujar Sulki.

Saat ini kawanan Gajah liar tersebut masih berada di dekat pemukiman warga setempat, Satgas juga sudah berjaga-jaga di lokasi kejadian untuk memantau pergerakan kawanan gajah tersebut.

“Kawanan gajah tersebut masih di dalam hutan di atas Talang Lokasi, kami terus mengimbau masyarakat untuk sementara tidak beraktivitas di lahan garapan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait