Puluhan Sekolah di Kecamatan Suoh akan Mendapat Perhatian 

Kepala Bappeda Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si

Medialampung.co.id – Puluhan sekolah di Kecamatan Suoh Kabupaten Lambar tahun ini akan mendapatkan perhatian dari Pemkab Lambar berupa kegiatan fisik. 

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Jumat (18/2)

Bacaan Lainnya


Dikatakannya, pemerintah daerah tahun ini akan mengalokasikan dana sekitar Rp9,967 miliar baik bersumber dari APBD Lambar maupun dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022 untuk kegiatan fisik. 

“Tahun lalu Kecamatan Suoh mendapatkan kucuran dana sebesar Rp5,517 miliar lebih namun tahun ini angkanya meningkat hampir Rp10 miliar,” kata dia.

Menurut dia, dana sebesar Rp9,967 miliar lebih itu diantaranya akan dialokasikan untuk sejumlah sekolah antara lain SDN Sumberagung akan ada kegiatan rehabilitasi toilet (jamban) dengan tingkat kerusakan miinam sedang beserta sanitasi, SDN Sukamarga akan ada pembangunan toilet beserta sanitasi dan pengadaan peralatan teknologi. 

Lalu SDN Way Suluh, SDN 2 Bandingagung, SDN 3 Banding Agung dan SD Pertemuan Jaya akan ada pengadaan media pendidikan.

Selanjutnya, di SMP Roworejo akan ada kegiatan rehabilitasi toilet beserta sanitasinya dan rehabilitasi ruang laboratorium ilmu pengetahuan alam (IPA) beserta perabotnya. 

“Di sejumlah sekolah di Kecamatan Suoh juga akan dibagikan seragam sekolah gratis bagi siswa siswi yang diterima sekolah pada tahun ajaran baru,” tegasnya seraya menambahkan, dengan adanya perhatian pemerintah di bidang pendidikan tersebut diharapkan mutu pendidikan di Kecamatan Suoh akan lebih meningkat.

Masih kata dia, selain sekolah, pemerintah daerah juga memberikan perhatian untuk bidang infrastruktur, bidang kesehatan, bidang pertanian, bidang perikanan dan lainnya. 

“Kalau untuk jalan yang akan ditingkatkan seperti ruang jalan Pemangku Kisam Jaya-Sidorejo, ruang jalan Lingkungan Pemangku Sri Rejo Pekon Banding agung, dan peningkatan jalan letusan (Segmen Way Heni-Sukamarga) serta rehabilitasi jalan kabupaten ruas Tuguratu-Sukamarga,” ucapnya 

Ia berharap dengan digelontorkannya dana miliaran rupiah tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, serta mendukung terwujudnya Kabupaten Lambar Hebat. (lus/mlo)


Pos terkait