Puska Mandiri Puramekar Masuk 6 Besar Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

  • Whatsapp
Peratin Puramekar Anderi

Medialampung.co.id – Berdasarkan hasil penilaian sementara lomba perpustakaan tingkat Provinsi Lampung, melalui penilaian secara online Penilaian secara online (instrumen), Perpustakaan Puska Mandiri Puramekar, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat yang menjadi wakil kabupaten untuk sementara masuk Enam besar. 

Peratin Puramekar Andri mengatakan sebagai tindak lanjut dari tahapan penilaian tersebut rencananya Tanggal 25-16 Juni ini tim provinsi akan berkunjung untuk tahapan penilaian secara langsung. 

Bacaan Lainnya

Terkait itu berbagai persiapan sudah dilakukan sejak jauh hari, khususnya dalam penataan lokasi perpustakaan yang mana untuk pekon tersebut terdapat dua sistem yakni dalam ruangan dan luar ruangan (Indoor dan Outdoor). 

“Penerapan perpustakaan di luar ruangan tentunya sebagai upaya memberikan nuansa berbeda bagi pembaca seperti di taman, dan langkah dalam mencegah penularan virus corona, dengan adanya spasi jarak,” ungkapnya.

Kelebihan lain penerapan perpustakaan Puska Mandiri Puramekar, juga menerapkan sistem Inklusi atau pembaca dapat mengaplikasikan hasil bacaan. Seperti membaca tentang tata cara perawatan tanaman bonsai, membaca tentang cara mengolah kue, dan lainnya.

Yang tujuannya pembaca dapat memperktekan dan ilmu yang didapat dikembangan hingga memiliki nilai jual. “Dengan pola-pola yang diterapkan tersebut besar harapan kami Puska Mandiri Puramekar, bisa meraih prestasi di akhir penilaian,” harapannya. 

Tentunya selain target tersebut Andri lebih berharap masyarakat bisa memanfaatkan Perpustakaan Pekon Puska Mandiri Puramekar, sebagaimana komitmen Bupati Parosil Mabsus mewujudkan Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi. 

Sebelumnya Pengelola Perpustakaan Puska Mandiri Pekon Puramekar Novi Wulandari, perpustakaan itu  saat ini  sudah ada 2500 eksemplar buku, yang didapat dari pembelian pekon melalui Anggaran Dana Desa (ADD), dan hibah dari Perpustakaan Daerah dan masyarakat. 

Dalam hal pembangunan perpustakaan pekon Novi berharap kepada masyarakat khususnya di Pekon Puramekar, dan Kecamatan Gedungsurian, dapat membantu donasi buku, supaya koleksi buku bacaan yang merupakan gerbang informasi dunia, akan lebih lengkap sehingga pengunjung lebih banyak dan tidak bosan dalam membaca karena adanya taman dan sport foto. 

“Semua fasilitas yang kami sediakan untuk menarik minat baca masyarakat luas,” jelasnya.  

Dan kepada pemerintah, Novi berharap kembali mendonasikan buku dan fasilitas pendukung lainnya seperti rak buku, meja baca dan lain-lain. (r1n/mlo)




Pos terkait