Puskemsas Sumberjaya Cek Kebugaran CJH Dari Tiga Kecamatan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Sumberjaya melakukan pemeriksaan kebugaran Calon Jamaah Haji (CJH) dari Kecamatan Sumberjaya, Kebuntebu dan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Los Pasar Simpanggadis, Kelurahan Tugusari, Kecamatan Sumberjaya.

Disampaikan Kepala Puskesmas Subianto, S.K.m.,  pemeriksaan kebugaran tersebut berupa pengecekan kondisi fisik para CJH sebelum keberangkatan agar saat pelaksanaan ibadah semua dalam kondisi sehat dan dapat menjalankan ibadah dengan lancar dari awal sampai kembali ke tanah air.

Bacaan Lainnya



“Pemeriksaan yang dilakukan seperti pemeriksaan penyakit tidak menular atau yang menular, termasuk tes kebugaran dengan jalan, lari kecil sepanjang 1600 meter,” ungkapnya.

Bagi CJH yang diketahui mengalami sakit seperti hipertensi, asma, gula darah atau lainnya mulai dilakukan antisipasi dengan upaya pengobatan secara rutin.

“Waktu keberangkatan kemungkinanan sekitar Enam bulan lagi maka diwaktu itu semua CJH dalam pengontrolan agar kondisi fisik baik. Karena saat di Tanah Suci cuaca akan berdeda dengan Indonesia dan membutuhkan fisik yang baik,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau perseta CJH mulai menyiapkan diri dan meningkatkan latihan termasuk rutinkan kontrol. “Nanti masih akan dilakukan evaluasi kesehatan sebelum keberangakatan,” tandasnya.

Sekedar diketahui jumlah CJH tiga kecamatan itu, 121, dari Kecamatan Kebbuntebu sebanyak 59, Kecamatan Sumberjaya 26, dan Gedungsurian 36. Tampak salah satu pasangan CJH anggota DPRD Lambar Juhartono. (ius/mlo)



Pos terkait