Puskesmas Airhitam Lakukan Akreditasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskemsas Kecamatan Airhitam menjalani penilaian akreditasi oleh tim akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKPP) Komisi Akreditas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Dalam kegiatan itu tahapan survey dilakukan Selama tiga hari mulai dari Senin sampai dengan Rabu (9-11/12). Dengan surveyor dr. Hendri dari Kabupaten Agam Provinsi Sumtera Barat (Sumbar), dr. Yeni Hasrita dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung dan Camelia, S.Si, A.Pt., dari Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Bacaan Lainnya



Kepala Puskemsas setempat Agus Suprapto, S.K.m menyebutkan tujuan akreditasi adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan di puskemas yang sesuai standar dan prosedur pelayanan kepada pasien rawat jalan.

Selanjutnya ia berharap dengan akreditasi tersebut berdanpak pada kinerja staf puskemas yang semakin meningkat, pelayanan menjadi semakin bermutu dan dilakukan sesuai prosedur.

Dari akreditasi itu, diharapkan juga nantinya mendapatkan hasil yang terbaik. “Dalam akreditasi ini ada empat tingkatan penilaian, yakni Dasar, Madya, Utama dan Paripurna,” kata dia.

Pada kesempatan itu Agus menegaskan, meskipun rencananya 2020 mendatang status UPT Puskemas Airhitam menjadi Rawat Inap dengan saat ini tengah dibangun gedung puskemas bertingkat niali Rp5 Miliar melaui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dalam penilaian itu tidak ada kaitannya, sebab proses akreditasi bukan hanya sekali saja dilakukan melainkan per tiga tahun sekali. “Tiga tahun ke depan akan kembali dilakukan re-akreditasi,” ungkapnya. (ius/mlo)



Pos terkait