Puskesmas Biha Akan Wakili Lampung Dalam Penilaian FKTP Nasional

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Biha Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan mewakili Provinsi Lampung pada penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke tingkat Nasional.

Kepala Puskesmas Biha, Septono, S.Km, M.M., mengatakan FKTP adalah fasilitas kesehatan yang harus dikunjungi peserta BPJS Kesehatan/JKN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Karena itu, FKTP itu akan terus dinilai oleh BPJS Kesehatan. Sedangkan, di tahun 2021 penilaian FKTP tingkat Provinsi Lampung, dimenangkan oleh Puskesmas Biha dalam penilaian tersebut.

Bacaan Lainnya

“Sehingga, Puskesmas Biha ini akan mewakili Provinsi Lampung dalam penilaian FKTP tingkat Nasional untuk penilaian Puskesmas berkomitmen melayani pasien,” katanya, Jumat (3/9).

Dijelaskannya, dalam perlombaan penilaian FKTP tingkat Kedeputian Wilayah (Kepwil) itu, Puskesmas Biha bersaing dengan Puskesmas yang ada di Provinsi lainnya. Dengan prestasi yang didapat diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi, sehingga pelayanan di Puskesmas Biha dapat lebih baik dan sesuai harapan masyarakat.

“Dalam perlombaan penilaian FKTP BPJS Kesehatan ke tingkat Nasional, Puskesmas Biha ini akan bersaing dengan Puskesmas lainnya yang ada di Kepwil 13 BPJS Kesehatan yang meliputi tiga Provinsi,” jelasnya.

Masih kata dia, untuk aspek penilaian sebelumnya yang dilakukan oleh tim dari BPJS Kesehatan dalam penilaian di tingkat Provinsi Lampung untuk kategori Puskesmas itu meliputi beberapa aspek yakni Inovasi Puskesmas dalam menangani pasien di masa pandemi Covid-19, melakukan kontak tidak langsung dalam pelayanan terhadap pasien, dan aspek dalam melayani pengaduan pasien di Puskesmas Biha.

“Kita berharap dalam perlombaan penilaian FKTP BPJS kategori Puskesmas di tingkat Nasional itu mampu meraih prestasi yang diharapkan. Karena itu dukungan dari semua pihak terkait sangat diharapkan, karena ini merupakan salah satu prestasi bersama,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait