Puskesmas Biha Siapkan Tracer Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar On Job Training (OJT) Tracer Covid-19, sekaligus mensosialisasikan peran Peratin dalam tracing kontak kasus Covid-19 di aula Puskesmas setempat, Kamis (22/7).

Kepala Puskesmas Biha, Septono, S.Km, M.M., mengaku kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut dari perekrutan delapan tenaga sukarela untuk tracer Covid-19 di Kecamatan Pesisir Selatan. Sebelum melaksanakan tugas seluruh tenaga tracer Covid-19 itu terlebih dahulu mendapat pelatihan dan pembinaan terkait dengan tugas, fungsi dan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Salah satu tugas tracer Covid-19 itu nanti selain mencari kasus yang mungkin ditimbulkan akibat terinfeksi Covid-19 karena kontak erat, juga memberikan edukasi terkait protokol kesehatan ke masyarakat,” katanya.

Selain itu, kata dia, terdapat delapan tracer Covid-19 di Puskesmas Biha yang merupakan masyarakat Kecamatan Pesisir Selatan itu akan membantu tracing di wilayah Puskesmas Biha, serta membantu untuk mencari data warga yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Petugas Tracer Covid-19 itu juga memiliki tugas untuk memantau jika ada pasien Covid-19 yang masih menjalani isolasi mandiri.

“Perekrutan tenaga tracer Covid-19 di Puskesmas Biha ini sebagai upaya untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19. Untuk itu diharapkan Peratin dan pihak terkait lainnya mendukung pelaksanaannya,” jelasnya.

Ditambahkannya, terutama kepada Peratin di Kecamatan Pesisir Selatan diharapkan benar-benar mendukung semua kegiatan petugas tracer Covid-19 itu, baik saat melakukan tracing warga dan lainnya. Dengan begitu mudah-mudahan penyebaran Covid-19 di wilayah ini bisa diantisipasi dengan baik dan maksimal.

“Dalam melaksanakan tugasnya, semua tracer Covid-19 Puskesmas Biha ini perlu dukungan dan peran serta seluruh Peratin, sehingga semua kegiatan yang berkaitan dengan Covid-19 bisa ditangani maksimal,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait