Puskesmas Biha Targetkan Lulus Predikat Utama

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menargetkan lulus dengan predikat utama dalam akreditasi yang dilakukan oleh tim surveyor dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Kamis (31/10).

Akreditasi itu dihadiri Pj.Sekkab Pesbar Ir.N.Lingga Kusuma, M.P., Plt. Kadinkes Tedi Zadmiko, S.Km, M.M., tim surveior akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yakni Drs. Gaflin, M.Kes, Apt., (bidang admistrasi dan manejemen), kemudian Dr. Yandrizal, S.Km, M.Kes., (bidang upaya kesehatan masyarakat) dan dr. Lazuardi Z. (bidang upaya kesehatan perseorangan).

Bacaan Lainnya



Kepala Puskesmas Biha, Septono, S.Km., mengatakan pelaksanaan akreditasi Puskesmas dari komisi akreditasi FKTP dari Kemenkes RI di Puskesmas Biha itu berlangsung selama tiga hari mulai Kamis (31/10) hingga Sabtu (2/11) mendatang. Dirinya berharap dalam pelaksanaan akreditasi itu berlangsung lancar dan sesuai harapan.

“Akreditasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas. Karena itu kita menargetkan dalam akreditasi ini setidaknya bisa lulus dengan predikat utama,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam persiapan akreditasi ini sebelumnya Puskesmas Biha juga sudah melakukan berbagai persiapan baik persiapan administrasi, dokumen, kegiatan pelayanan dan sebagainya. Termasuk pembinaan yang dilakukan oleh Dinkes Pesbar. Pelaksanaan akreditasi akan terus dilakukan secara periodik setiap tiga tahun sekali.

“Untuk itu dalam penilaian akreditasi perdana di Puskesmas ini diharapkan kedepan juga adanya peningkatan pelayanan dan semua staf di Puskesmas Biha dapat berkerja sesuai dengan standar Operasional Pelayanan (SOP) Puskesmas,” jelasnya.

Sementara itu, Pj. Sekkab N. Lingga Kusuma mengatakan kegiatan akreditasi itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu layanan ke masyarakat khususnya bidang kesehatan. Puskesmas juga telah melakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja, antara lain dengan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan. Baik dalam pelayanan klinis, manajemen dan penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan lainnya.

“Penilaian akreditasi puskesmas juga sangat penting agar mutu maupun kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat diwilayah kerjanya seperti di Puskesmas Biha ini dapat terus ditingkatkan,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan akreditasi Puskesmas di Kabupaten Pesbar tahun 2019 ini selain di Puskesmas Biha juga dilaksanakan di Puskesmas Lemong. Sedangkan untuk re-akreditasi yakni Puskesmas Ngambur dan Puskesmas Ngaras.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait