Puskesmas Harus Berikan Pelayanan di Daerah Terpencil

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih memaksimalkan pelayanan kesehatan di daerah terpencil melalui seluruh puskesmas di kabupaten setempat.

Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK, Arfi Julizar, S.Km., mengatakan  tahun ini anggaran yang disiapkan untuk kegiatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil terdampak refocusing anggaran oleh pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini kita tidak ada anggaran untuk melaksanakan kegiatan di daerah terpencil itu, sebab anggaran yang ada dihapus saat proses refocusing anggaran,” kata dia.

Dijelaskannya, meski tidak ada anggaran khusus yang dikelola Dinkes dalam melaksanakan kegiatan itu, tapi pelayanan kesehatan di daerah terpencil harus tetap dilakukan oleh Puskesmas.

“Karena tidak ada anggaran untuk melaksanakan kegiatan itu, maka Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat harus memaksimalkan pelayanan di tengah masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, dua Puskesmas saat ini masih termasuk Puskesmas daerah terdepan, terpencil dan tertinggal, yakni Puskesmas Bengkunat Belimbing dan Puskesmas Lemong.

“Status dua Puskesmas itu masih belum berubah, apalagi banyak wilayah di dua Puskesmas itu yang cukup jauh dari jangkauan Puskesmas, karena itu pelayanan langsung perlu dilakukan,” ujarnya.

Dirinya berharap, masing-masing Puskesmas yang memiliki daerah terpencil dan harus dikunjungi agar setiap bulan ditetapkan jadwal kunjungan ke masyarakat.

“Pelayanan kesehatan ke masyarakat di daerah terpencil itu tidak harus dilakukan setiap hari, Puskesmas bisa mengatur waktu setiap bulannya untuk melakukan kunjungan langsung ke masyarakat,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait