Puskesmas Kebuntebu dan Sumberjaya Tangani Jenazah Pasien Covid-19 Asal Lampura

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan pemulasaran jenazah almarhumah (alm) Ratna (45), warga Kabupaten Lampung Utara yang wafat di hutan kawasan Talangsabu, masuk wilayah Lampung Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Lambar.

Disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kebuntebu NS Hendri Saputra, S.Kep., dini hari Senin (27/7), pihak puskesmas mendapatkan informasi kasus kematian, yang identitasnya penggarap kebun dalam hutan kawasan. 

Bacaan Lainnya

“Karena jaraknya lebih dekat dengan Kecamatan Kebuntebu, sehingga pihak keluarga berinisiatif membawa jenazah ke puskesmas. Dan setelah kami koordinasi dengan Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan, Camat Ernawati, S.E., yang juga langsung ke puskesmas kami melakukan pemulasaran sebagaimana ketentuan protokol kesehatan,” sebut pihaknya.

Pukul 11.00 WIB Senin, jenazah dihantarkan ke rumah duka Lampung Utara, menggunakan dengan ambulance Puskesmas Sumberjaya. Karena driver ambulance puskesmas Kebuntebu lagi masa isolasi mandiri.

Dijelaskan Hendri, pasien diketahui terkonfirmasi covid-19 setelah dilakukan swab antigen dan suaminya juga dalam posisi reaktif. 

“Meskipun jenazah bukan warga Kabupaten Lambar namun penanganan seperti ini sudah jadi kewajiban tentu harus diberikan pelayanan sebagaimana mestinya,” tandas pihaknya. 

Sementara Camat Ernawati menambahkan pemulasaran jenazah selain karena dinyatakan reaktif, juga atas dasar permintaan pihak keluarga. Yang meminta kepulangan jenazah sudah dilakukan pengamanan secara prokes. 

“Kemungkinan pasien terkonfirmasi covid klaster Lampung Utara karena berdasarkan keterangan mereka ke kebun setelah hari raya Idul Adha,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait