Puskesmas Kebuntebu Kembali Tinjau Kesiapan Pekon Muara Jaya I Raih ODF

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan peninjauan di Pekon Muarajaya I, dalam rangka persiapan rencana verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan. 

Senin (12/10), Kepala UPT Puskesmas Hendri Saputra, S.Kep., dan jajaran berkunjung ke balai balai pekon setempat  disambut Peratin. Muarajaya I,  Subarkat bersama aparatur pekon.

Bacaan Lainnya



Hendri kedatangan timnya tersebut melakukan verifikasi ulang data warga menuju Pekon ODF di pekon tersebut. “Awal tahun pekon ini telah melakukan verifikasi dan hasilnya sangat baik, seluruh rumah telah menggunakan jamban yang memenuhi standar kesehatan,” ungkapnya.

Sehingga untuk mengecek perkembangan terkini yang dimungkinkan ada penambahan atau pembangunan rumah baru. Pihak puskesmas berinisiatif melakukan peninjauan kembali.

Menurutnya hal itu penting dijalankan karena dalam waktu dekat ini tim Provinsi Lampung akan melakukan verifikasi guna menentukan kelayakan ODF di Lima pekon tersebar kecamatan tersebut.

Pasalnya, dari Sepuluh pekon yang ada. Sejak 2017 ada Lima Pekon yakni Pekon Purawiwitan, Tribudi Sukur, Tribudi Makmur. Muarabaru dan Tugumulya, telah menyandang status ODF. 

Maka tahun ini, Lima pekon lainnya seperti Muarajaya I, Muarajaya II, Purajaya, Ciptamulya, dan Sinarluas, diharapkan juga memeroelh status tersebut. 

Dasar telah melalui berbagai tahapan seperti pemicuan verifikasi oleh kecamatan dan pekon dinyatakan layak. Untuk terwujudnya Kecamatan Kebuntebu ODF. 

“Jika dilihat kesiapan Lima pekon tersebut, kami optimis saat verifikasi kelayakan ODF oleh pihak provinsi meraih hasil yang baik,” ungkapannya. 

Pada kesempatan itu Hendri berharap, upaya meraih kecamatan ODF itu akan secepatnya dapat diwujudkan di Kecamatan Kebuntebu. karena masih ada Empat pilar lagi yang akan dilaksanakan seperti bidang Air Bersih, Sampah dan dua lainnya.

“Program yang akan dilaksanakan bukan hanya Pekon ODF, melainkan masih ad Empat pilar lagi, seperti bidang air bersih, sampah dan dua lainnya,” ujarnya.

Dan ini bukan hanya akan menjadi tantangan berikutnya melainkan akan menjadi langkah-langkah preventif, menuju Kecamatan Sehat. (rinto arius)



Pos terkait