Puskesmas Liwa Jemput Bola Tangani Pasien TBC 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat melalui UPT Puskesmas Liwa Kecamatan Balikbukit melakukan jemput bola untuk penanganan atau pengobatan kepada penderita Tuberculosis (TBC) yang drop out di Pekon Sedampahindah, kecamatan setempat. 

Selain penanganan, Puskesmas bersama tim ambulance dan aparat pekon setempat itu juga turut mengedukasi pasien agar dapat memanfaatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) mengingat keberadaan kartu akses kesehatan tersebut belum dimanfaatkan oleh Triyitno selaku pasien penderita TBC tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala UPT Puskesmas Liwa Harjunadi, S.St, menjelaskan, dengan tanpa putus asa dalam rangka eliminasi terhadap Penyakit TBC pihaknya terus berkoordinasi dengan unsur lintas sektor agar penanganan dan pencegahan dapat berjalan optimal. 

“Kita mengambil langkah jemput bola, karena kepada setiap penderita selain kita lakukan penanganan, kegiatan edukasi juga kami sampaikan kepada anggota keluarga lainya sebagai bentuk pencegahan,” terang Harjun.

Menurut dia, upaya jemput bola ini sangat penting karena tidak sendiki penderita enggan mendatangi tempat pelayanan kesehatan dengan berbagai alasan. Sehingga untuk mengantisipasi agar penderita TBC tidak bertambah. Maka pihaknya maksimalkan pelayanan jemput bola.

“Upaya jemput bola ini akan terus kita lakukan agar penanganan kasus TBC yang ada di Kecamatan Balikbukit dapat berjalan dengan baik sehingga penyebaran TBC dapat ditekan, dengan aktif berkoordinasi dengan aparatur diseluruh kita berharap lebih banyak penderita TBC yang terjaring dan mendapatkan penanganan yang tepat,” harapnya.

Sementara itu, Peratin Sedampahindah Suratal menyampaikan apresiasi kepada puskesmas liwa dan tim ambulance hebat yang telah berperan aktif memberikan pelayanan kesehatan di wilayah setempat.

“Bagi kami ini merupakan sebuah perhatian, semoga dengan pelayanan jemput bola yang dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan untuk menjangkau warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan seperti penderita TBC di wilayah kami ini,” harapnya. (edi/mlo)




Pos terkait