Puskesmas Pagardewa Giatkan BIAS Ditengah Pandemi

  • Whatsapp
Kegiatan BIAS di SD Swasta Tanjungkurung Pekon Sidomulyo perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat dengan Waykanan

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan penjaringan kesehatan siswa didik Sekolah Dasar (SD) seperti Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), kepada siswa kelas Satu Sekolah Dasar (SD), dan Usaha Kesehatan Gigi Anak Sekolah (UKGS) untuk siswa dari kelas Satu sampai Kelas Lima SD. 

Kepala UPT Puskesmas setempat Mediansah, S.Km, kepada media ini menyebutkan, penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan pelayanan sedini mungkin.

Bacaan Lainnya

Adapun deteksi yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan, pemeriksaan rambut, kuku dan kulit, pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri. Pemeriksaan ketajaman indera penglihatan dan penciuman. Pemeriksaan gigi dan mulut.

Tak hanya sampai disitu. Setelah selesai proses pemeriksaan tersebut, dilanjutkan dengan penyuluhan UKGS.  

Lanjut Mediansah, Kegiatan BIAS di masa pandemi covid-19 ini, menjadi tantangan tersendiri baik baik untuk petugas maupun siswa dan guru, yakni tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) 

Sesuai prosedur kesehatan pemberian BIAS dilakukan Dua kali dalam setahun dan serentak, untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit Campak, Difteri dan Tetanus. 

Karena itu para guru dan orang tua harus memberikan dukungan jika anak mendapatkan imunisasi dari pihak kesehatan. 

“Pemberian imunisasi untuk siswa SD perlu dilakukan karena sejak anak memasuki usia SD terjadi penurunan tingkat kekebalan. Oleh sebab itu pemerintah memberikan imunisasi ulang kepada anak usia SD,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait