Puskesmas Sekincau Galakkan BIAS Tahap Kedua

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Petugas medis dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahap kedua dengan sasaran siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Sederajat di kecamatan tersebut.

Kepala Puskesmas (Kapus) Martalena, S.S.T., menyebutkan kegiatan BIAS tersebut dilaksanakan diseluruh puskesmas dengan masa pelaksanaan dua kali setahun yang dijadwalkan pada Juli dan November, sehingga BIAS kali ini merupakan tahapan kedua di tahun 2019.

Bacaan Lainnya



Sasaran BIAS itu sendiri adalah siswa-siswi kelas I, II, dan V, dimana untuk Kelas satu diberikan vaksin Dipteri Tetanus (DT), dan untuk Kelas II dan V diberikan vaksin Tetanus Dipteri (TD). “Penyuntikan vaksin DT bagi siswa kelas I dilakukan karena anak berada pada masa rawan difteri dan tetanus, sementara untuk kelas II dan V merupakan vaksin lanjutan karena sudah memasuki masa remaja,” terangnya.

Di wilayah binaan Puskesmas Sekincau terdapat 12 SD setingkat, dan pelaksanaanya saat ini tengah digalakkan secara tim yang telah dibagi ke beberapa sekolah. “Tentunya dalam hal ini harapan kita kepada pihak sekolah untuk menyampaikan kepada orang tua siswa untuk tidak khawatir apalagi sampai  menolak imunisasi ini. Karena ini dilakukan untuk melindungi anak agar tidak terserang DT dan TD,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyebutkan sebelum melakukan imunisasi para siswa terlebih dahulu dicek kesehatannya, bagi siswa yang masih sakit seperti terserang flu, maka diberikan penundaan dan baru akan dilakukan pada tahap berikutnya melalui swipping,” tandas pihaknya. (ius/mlo)



Pos terkait