Puskesmas Sekincau Lakukan Upaya Deteksi Dini Virus Corona

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskemas Rawat Inap Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan pemeriksaan kontak (deteksi dini) virus corona kepada warga yang telah bepergian ke luarnegeri atau negara yang terjangkit virus yang saat ini tengah menghebohkan dunia tersebut.

Kepala UPT Puskesmas setempat Martalena, S.St., menyebutkan, pemeriksaan itu merupakan arahan dari Dinas Kesehatan (Diskes) untuk melakukan pemantauan terhadap warga masing-masing.

Bacaan Lainnya



Warga yang diketahui telah berpergian ke luar negeri termasuk salah satunya yang baru melaksanakan ibadah umroh di tanah suci Makkah juga dilakukan pemeriksaan.

“Di kecamatan ini ada dua orang warga yang baru pulang dari Korea Selatan (Korsel), atas nama Indah dan Misiatu dimana meski tidak mengalami sakit. Namun kita tetap waspada dengan melakukan pemeriksaan,” tegasnya.

Dengan ketentuan setiap warga yang baru pulang dari luar negeri selain diperiksa juga dilarang berkunjung ke tempat keramaian dan dianjurkan mengenakan masker selama 14 hari.

“Pemeriksaan yang dilakukan seperti pengcekan suhu tubuh, keadaan umum, tekanan darah dan juga dilakukan screening khusus surveilancs,” ujarnya.

Terkiat itu Martalena mengimbau  kepada semua yang telah berpergian kelur negeri untuk dapat terkontak dengan puskesmas, untuk diberikan pengecekan.

“Saat ini virus corona sedang menjadi wabah yang mengancam dunia dan penyebaran petamanya di Wuhan negara China, semoga langkah antisipasi ini bisa mencegah virus corona masuk ke Indonesia, karena itu ayo kita bersama-sama menjaganya,” ajaknya. (ius/mlo)



Pos terkait