Puskesmas Sukaraja Siap Siaga Tangani Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
foto dedi/mlo

Medialampung.co.id – Antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), Puskesmas Sukaraja yang beralamatkan di Jl. Yossudarso, Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras, Kota Bandarlampung melakukan berbagai tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

Di setiap sudut ruangan puskesmas disediakan hand sanitizer dan menyediakan tempat cuci tangan, semua ruangan setiap saat dibersihkan untuk lebih steril.

Bacaan Lainnya



Ruang tunggu pasien diberi jarak (physical distancing) guna menjaga jarak pasien dengan yang lainnya, dan itu merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sesuai ajakan pemerintah.

Penanggung Jawab Program Survailance UPT Puskesmas Rawat Inap Sukaraja, Ns. Sumiyati, S.Kep., menjelaskan bahwa pasien sebelum masuk puskesmas dianjurkan untuk secreening lebih dulu yang telah disiapkan di samping Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Setelah secreening selesai, kita juga menyarankan untuk mencuci tangan atau memakai hand sanitizer dan duduk di ruang tunggu yang disediakan dengan berjarak minimal satu meter,” ujarnya.

Puskesmas Sukaraja juga berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan melalui leafet. Kemudian memasang banner sebagai bentuk penyuluhan serta keliling ke setiap kelurahan mensosialisasikan tentang pencegahan Covid-19.

Untuk warga yang baru pulang dari luar negeri atau dari tempat terdampak corona dianjurkan untuk secreening lebih dulu di puskesmas, setelah tidak ada ciri-ciri positif Covid-19, yang bersangkutan harus isolasi mandiri di rumah selama 14 hari dengan tetap menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Untuk warga yang baru pulang dari luar maupun dalam negeri dengan wilayah yang terjangkit Covid-19, sudah dibuatkan group WhatsApp (WA) dengan nama group Orang Dalam Pemantauan (ODP) guna mempermudah pemantauan ke masyarakat,” imbuh Sumiyati. (ded/mlo)



Pos terkait