Puskesmas Sumberjaya Dukung Gerakan Sedekah Sampah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gerakan sedekah sampah yang diinisiasi Camat Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat Ernawati, S.E., untuk diterapkan diseluruh wilayah kecamatan tersebut, menuai dukungan dari semua pihak.

Seperti Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sumberjaya, yang memberikan dukungan, dengan mengumpulkan semua sampah yang sekiranya dapat didaur ulang untuk disedekahkan. 

Bacaan Lainnya




Disampaikan Kasubag TU Novita Hasda, A.Md.Kep., mendampingi Kepala UPT Puskesmas Sumberjaya Subianto, S.Km., berkat inisiatif Camat Erna memfasilitasi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  dengan pihak ketiga selaku pengepul sampah H. Toil Ansori, yang berprofesi sebagai petugas puskesmas.

Disebutkannya melalui bidang Promosi Kesehatan (Promkes), Puskesmas setempat akan ikut andil menyuarakan kepada masyarakat terkait sedekah sampah tersebut. Hal itu karena meski upaya itu belum lama dilaksanakan atau awalnya digerakkan oleh pengurus Masjid Nurul Huda, Simpangsari, Kelurahan Tugusari. 

“Sedekah sampah ini merupakan gerakan yang sangat luar biasa, pertama ajakan kepada masyarakat untuk berbuat sosial, yakni melakukan sedekah tidak melulu harus dengan duit, dengan memberikan sampah juga sama apalagi manfaatnya untuk kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan,” sebutnya.

Ke dua, kalau sebelumnya mengambil sampah merupakan hal yang menjijikkan, sekarang justru menjadi sedekah yang memberikan keuntungan dengan harga Rp3000 per kilogram.

“Sekarang bisa kita lihat seperti di Lingkungan Simpangsari ini tidak ada lagi kita melihat sampah-sampah khususnya plastik yang susah terurai,” ujarnya.

Novita berharap, kegiatan itu mampu berjalan sampai nanti-nanti sehingga di Kecamatan Sumberjaya khususnya tidak terjadi penimbunan sampah yang bakal mengganggu kesehatan baik masyarakat maupun lingkungan. (r1n/hrs/mlo)


Pos terkait