Puspaga Diharapkan Mampu Optimalkan Fungsi Keluarga

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Penggerak PKK Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan kegiatan pembinaan terkait dengan layanan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) bagi tim penggerak PKK Pekon se-Kecamatan setempat, Selasa (28/7).

Pembinaan yang dilaksanakan di aula kantor kecamatan setempat itu dihadiri Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.M, Ketua TP-PKK Kecamatan Batuketulis Marlina, S.Ag, M.M, Kepala UPT  Puskesmas Batukebayan Sarwo Edi Wahono, S.K.M, serta seluruh ketua TP-PKK di 10 pekon.

Bacaan Lainnya



Ketua TP-PKK Batuketulis Marlina menyampaikan, bahwa peran dan fungsi puspaga adalah untuk menjadikan keluarga berkualitas melalui konseling, pembelajaran dan sebagainya, untuk itu ia mengajak seluruh kader di tingkat pekon untuk memahami alur kerja dari pusat konseling orang tua.

“Puspaga ini ada untuk menjadikan keluarga berkualitas melalui konseling, pembelajaran dan lainnya. Dengan tersedianya layanan Puspaga diharapkan mampu mengoptimalkan fungsi keluarga, sebagai perlindungan perempuan dan anak menjadi acuan penting dalam menyelenggarakan keluarga yang sejahtera,” harapnya. 

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa untuk bisa mencapai keluarga sejahtera melalui Puspaga, ditopang dalam beberapa fungsi yaitu agama, sosial budaya, pendidikan, cinta kasih, reproduksi, melindungi, pembinaan lingkungan, serta Ekonomi.

“Melalui pembinaan ini kami berharap para para kader TP PKK di seluruh pekon di Batuketulis mampu berperan dalam meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera dan menyiapkan ketahanan keluarga serta pengasuhan anak,” harapnya.

Sementara, Camat Batuketulis Sutian menambahkan bahwa Kecamatan Batuketulis merupakan salah satu wilayah yang telah ditetapkan sebagai Kecamatan Layak Anak, sehingga peran dan fungsi puspaga di wilayah itu diharapkan mampu mendukung salah satu program yang telah dicanangkan oleh Pemkab Lambar tersebut dengan terus berinovasi dan berupaya melakukan penjangkauan kepada keluarga baik melakukan sosialisasi maupun penyuluhan. 

“Dengan adanya pembinaan ini kami berharap dapat memberikan gambaran tentang peran dan fungsi untuk pengembangan Puspaga di Batuketulis, kepada seluruh kader yang mengikuti acara ini kami harap dapat membagikan informasi yang didapat untuk mengembangkan Puspaga di wilayahnya masing-masing,” pintanya.(edi/mlo)



Pos terkait