Putra-Putri Lambar Ikuti Ajang Internasional

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT – Putra-putri daerah Kabupaten Lampung Barat sarat prestasi dengan semangat mengenalkan kekayaan budaya dan mempromosikan kepariwisataan Lambar di kancah nasional maupun internasional. Prestasi putra-putri ini sangat membanggakan bagi Bumi Beguai Jejama, dimana sebanyak lima  orang akan ikut serta ke ajang dan kegiatan yang berskala nasional dan internasional.

Kelima putra-putri Lambar tersebut yakni Muryadi Saputra, Rika Kurniawan, Tanzirul Evendi, Andi Hilman Fahmi, dan Briggita Indah Yovillita. Secara bergantian beraudiensi  ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) juga ke Bupati dan wakil bupati Lambar guna  mendapatkan dukungan.

Bacaan Lainnya

Kabid Kebudayaan Riyadi Andrianto, S.H., mendampingi Kadisdikbud Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M., mengatakan, Muryadi Saputra mahasiswa Unila jurusan MIPA Kimia dan Rika Kurniawan mahasiswa Unila Fakultas FISIP jurusan hubungan internasional adalah putera kelahiran Giham Sukamaju dan Balikbukit beberapa waktu yang lalu dengan dukungan penuh dari Disdikbud berhasil mendapatkan predikat sebagai pemenang juara tiga dan finalis pada ajang Pemilihan Putra-Putri Kebudayaan Provinsi Lampung.

Sedangkan untuk putri kebudayaan berbakat Provinsi Lampung asal Lambar yang berhalangan hadir adalah Sri Astuti kelahiran Lombok, Kecamatan Lumbok Seminung akan mengikuti ajang Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Indonesia di Jakarta pada bulan Agustus mendatang.

”Berikutnya adalah mekhanai (bujang) kelahiran Liwa Tanzirul Evendi mahasiswa FKIP Unila di tahun 2019 ini menyandang predikat pemenang I Duta Bahasa Provinsi Lampung dan akan berlomba di ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2019 pada tanggal 13-18 Agustus 2019 bertempat di Hotel Mercure  Jakarta Batavia,” jelasnya.

Selanjutnya, prestasi ditorehkan oleh pemuda kelahiran Sumberjaya Andi Hilma Fahmi mahasiswa lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung jurusan pendidikan ekonomi. Andi sebagai kandidat terbaik utama (satu) mewakili Lampung dan Indonesia turut bergabung dalam program The Ship for South East, Asian and Japanese Youth program selama 52 hari. Program Multilateral Republik Indonesia dengan beberapa negara ASEAN, Jepang,  Republik Rakyat Tiongkok, Republik Korea Selatan, Australia dan Kanada.

”Keberhasilan Andi untuk dapat mengikuti program ini tidak lain adalah semangat Andi untuk dapat meningkatkan kolaborasi kerjasama pemuda Indonesia dengan pemuda negara lain dan memperkenalkan kebudayaan luhur dan mempromosikan kepariwisataan Bumi Sekala Bekhak  Lampung Barat,” kata dia.

Selanjutnya adalah siswi SMA Negeri 1 Liwa, Briggita Indah Yovillita kelahiran Liwa 16 tahun yang lalu,  muli ceria ini mencapai sebuah prestasi yang membanggakan yang tentunya akan dapat ditularkan kepada siswa-siswi yang ada di Lampung Barat.

Briggita mengikuti seleksi pertukaran pelajar antar negara(PPAN) dengan melalui tahapan-tahapan seleksi yang sangat ketat dan melelahkan sejak bulan Agustus 2018. Program PPAN yang berada di bawah naungan Yayasan Bina Antar Budaya  ke Brazilia selama 1 tahun (1 Agustus 2019 hingga 27 Juli 2020).

”Di dalam program ini Briggita selain dipacu secara akademis juga akan berkontribusi memperkenalkan budaya dan adat istiadat Lampung Barat. Dimana Briggita akan mengajarkan tari sembah batin dan kesenian tradisional Lampung lainnya,” paparnya.

Diharapkan dengan dilakukannya audiansi ke kepala daerah dan OPD yang terkait dengan misi yang dibawa oleh para putra putri terbaik Lampung Barat ini, dukungan oleh pemerintah daerah akan semakin maksimal, karena mereka adalah representasi budaya masyarakat Lampung Barat. (nop/lus/mlo)

Pos terkait