Putra Waykanan Jadi Siswa Terbaik PAG Perwira Polri

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelantikan 1.267 Perwira Polri gelombang ke I tahun 2021 yang dilaksanakan di Soetadi Ronodipuro Sektukpa Lemdiklat Polri, Selasa (9/11) cukup membanggakan masyarakat Waykanan, karena salah satu putra terbaiknya yakni Hi. Agus Runcik bin Hi. Harun menjadi yang terbaik dari 1.267 siswa Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri tersebut, sehingga ia pun didapuk sebagai Danmen.

IPDA Hi. Agus Runcik, S.Pd, yang keluar sebagai Lulusan terbaik setukpa Polri, tahun 2021, merupakan salah satu dari 82 orang siswa Setukpa Polri yang berasal dari Polda Lampung. 

Pemilik Nrp. 75040305, tersebut merupakan anak ke 4 dari 8 bersaudara Putra dai Hi. Harun dan Hj, Yuminah, yang lahir di Kampung Negeri Baru Kecamatan Umpu semenguk, pada tahun 1975.

“Saya sendiri tidak menyangka akan menjadi yang terbaik, karena selama pendidikan ini saya memang bukan menginginkan yang terbaik melainkan berupaya sebaik mungkin mengikuti dan menjalani semua yang diperintah dan ajarkan, dan kalau akhirnya saya menjadi yang terbaik tentunya saya akan berupaya sekuat tenaga untuk menjalankan kepercayaan Pimpinan tersebut,” ujar pria lulusan secaba SPM Betung tahun 1996 tersebut.

Hi. Agus Runcik S.Pd sendiri setelah keluar dari pendidikan Secaba Polri langsung bertugas di Polres Wa Polres Waykanan, hingga akhirnya tahun 2021 ini  suami dari Tina Martinawati AM Keb, dan ayah dari 4 orang Putra /Putrinya itu terpilih menjadi salah satu siswa Setukpa Lampung untuk mengikuti pendidikan PAG di Sukabumi, dan sukses menjadi siswa yang terbaik dalam pelaksanaan pendidikan tersebut.

Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, saat menutup secara resmi PAG dari Bintara ke Perwira Polri gelombang satu 2021, menerangkan bahwa, 1267 orang menjadi Perwira pertama Polri itu  tersebar di enam satuan pendidikan yakni, 818 di Setukpa Lemdiklat Polri, 100 di Pusdik Sabhara, 100 di Pusdik Brimob, 99 di Pusdik Binmas, 75 di Pusdik Intel dan 75 di Pusdik Administrasi.

“Selamat kepada para Perwira yang baru saja dilantik, nantinya akan menjadi perkuatan tugas pada berbagai fungsi staf dan operasional sesuai bidang masing-masing tingkat markas besar maupun di seluruh jajaran kewilayahan, Seyogyanya harus disadari bahwa filosofi dasar kehadiran Polisi di tengah masyarakat adalah untuk mencegah terjadinya kejahatan, tindakan pencegahan harus lebih dikedepankan dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi pada masyarakat secara tegas, humanis dan tuntas,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Rycko, ciptakan situasi dimana dengan keberadaan Polisi akan dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Para Perwira yang baru dilantik ini untuk selalu menjadi insan Bhayangkara yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, jangan pernah berhenti belajar, berlatih dan mengembangkan diri, selalu disiplin dalam bersikap dan bertindak sesuai etika, norma dan aturan yang berlaku, jalin kebersamaan, kekompakan dan semangat esprit de corps serta kecintaan terhadap institusi serta jalin kemitraan dan sinergitas dengan TNI beserta seluruh stakeholder pemerintah pusat dan daerah sampai seluruh komponen masyarakat dalam menciptakan Harkamtibmas,” tutupnya.

Dalam pada itu Kapolres Waykanan AKBP Binsar Manurung, S.IK, MH, M.Si,  menyatakan kegembiraan dan memberikan penghargaan kepada IPDA Hi. Agus Runcik, S.Pd. yang berhasil mengharumkan nama Waykanan di tingkat Nasional.

“Luar biasa, sangat membanggakan, prestasi tersebut menunjukkan bahwa warga Waykanan ini bukan kaleng kaleng, dan  mampu bersaing dengan Putra Putri dari penjuru Nusantara, dan saya berharap agar sekembalinya dari pendidikan tersebut ia (IPDA Hi. Agus Runcik *red) )mampu memberikan yang terbaik pula untuk Waykanan, khususnya bagi Keluarga besar Polres Waykanan,’ tegas AKBP Binsar Manurung.(sah/mlo)

Pos terkait