PWI Lambar Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Lampung Barat, menggelar pelatihan jurnalistik dan kehumasan bagi staff humas organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi vertikal, dengan tema “Mendukung Percepatan Terwujudnya Kabupaten Lampung Barat Hebat” yang resmi dibuka Bupati Lambar Hi.  Parosil Mabsus di Aula Kagungan, Kamis (26/12).

Pelatihan terssebut menghadirkan Pemateri yakni Sekretaris PWI Perwakilan Lampung Hi. Nizwar Ghazali, dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Zahdi Basron, dengan peserta sekitar 100 orang.

Bacaan Lainnya



Parosil Mabsus, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada PWI yang menggelar pelatihan jurnalistik dan kehumasan yang menurutnya dengan diadakannya kegiatan ini ialah memberikan keterampilan jurnalistik bagi petugas kehumasan di masing-masing organisasi perangkat daerah dengan harapan pemerintah akan memiliki tenaga yang mampu memberikan informasi kepada media massa tentang berbagai program dan kegiatan dimasing-masing OPD.

Kemudian, fungsi humas dalam pemerintahan adalah membantu menjabarkan dan mencapai tujuan program pemerintahan, meningkatkan sikap responsif pemerintah, serta memberi publik informasi yang cukup. Untuk dapat melakukan pengaturan diri sendiri berarti humas pemerintahan bertugas menjalankan kegiatan kebijakan dan pelayanan publik dengan memberikan berbagai informasi tentang kebijakan pemerintahan yang mengikat rakyat atau masyarakat, serta memberikan pelayanan publik.

“Humas pemerintahan memiliki peran yang sangat strategis dan berat karena harus membawa lembaga pemerintahan ke posisi yang bermartabat terhadap publik internal dan eksternal. Karena itu, secara tersurat maupun tersirat, humas pemerintahan harus benar-benar menjadi corong yang ideal dan profesional agar fungsinya maksimal sehingga melahirkan citra positif bagi pemerintah daerah,” imbuhnya.

Ia menambahkan, di era digitalisasi ini tidak ada hal yang sulit karena dalam hitungan detik informasi dapat menyebar sehingga kehumasan dapat mengetahui kode etik jurnalistik, harapannya humas dapat memberikan informasi yang benar dan dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat.

Sementara Sekretaris PWI Provinsi Lampung H. Nizwar, SE., mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan pelatihan kepada peserta yang merupakan staff kehumasan di Pemkab Lambar agar memahami kode etik jurnalistik.

Dilain pihak, Ketua PWI Lambar Vicky Andreas mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang peran dan fungsi kehumasan baik melalui media maupun website, memberikan metode dan teknik untuk menjadi staff kehumasan, dan sebagai media sharing. (nop/mlo)



Pos terkait