Ragam Kreasi Tapis di Kampung Bengkulu Jaya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bicara soal Tapis, tentu tidak terlepas dari daerah Lampung yang merupakan kawasan asal muasal kain Tapis, terdapat beragam pengrajin kain tapis. Mulai dari bisnis berbasis home industry hingga usaha pembuatan kain tapis dalam skala besar. 

Nah, di Kabupaten Waykanan tepatnya, terdapat sebuah kampung yang sebagian besar ibu ibunya menggeluti usaha pembuatan kain Tapis yang tergabung dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kampung Bengkulu Jaya, Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Waykanan. 

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah kami yang tergabung di kepengurusan PKK Kampung Bengkulu Jaya ini sudah menghasilkan beberapa produk sulaman kain tapis yakni diantaranya, ada sandal, tas, peci, sarung, tempat tisu, jilbab dan beberapa karya lainnya yang terbuat dari sulaman kain tapis ini,” ungkap Maimunah salah seorang kreator penggiat kain tapis Kampung Bengkulu Jaya. 

Masih kata Maimunah, untuk membuat sebuah karya sulaman tapis itu membutuhkan tenggang waktu tertentu dalam pengerjaannya. 

“Untuk membuat satu karya sulaman tapis ini memiliki jeda waktu yang variatif, ada yang pengerjaannya 3 hari, 7 hari bahkan ada yang satu bulan lebih, karena tergantung bentuk.dan tingkat kesulitan,” papar Maimunah sembari ia menerangkan harga yang ia tawarkan dalam satu karya sulaman tapis. 

“Kalau untuk harga bervariasi, ada yang dibawah Rp.100.000 rupiah dan ada yang diatas Rp.500.000 rupiah tergantung jenis karyanya,” kata Maimunah. 




Pos terkait