Rakor Covid-19, Camat Airhitam Ingatkan Satgas Agar Bertindak Humanis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satgas Covid-19 Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, bersama Satgas pekon menggelar rapat koordinasi (rakor). Arahan Bupati Parosil Mabsus, yakni upaya bersama menanggulangi penyebaran virus corona, sekaligus menyikapi keadaan dan situasi penanganan penyebaran Covid-19 sebagai tindak lanjut instruksi Mendagri No.26/2021 dan Instruksi Gubernur No.11/2021

Dalam rakor yang berlangsung di Kampung Kopi, Pekon Rigisjaya dipimpin langsung Ketua Satgas kecamatan yakni Camat Andy Chahyadi, S.H., M.A., Kamis (29/7)

Bacaan Lainnya

Pada sambutannya Andy Cahyadi menyampaikan kepada seluruh anggota satgas tingkat kecamatan dan pekon, untuk bersinergi bersama dalam segala upaya dan usaha bersama melakukan pencegahan penyebaran agar mata rantai penyebaran virus corona di kecamatan itu khususnya dapat segera terputus. 

Disebutkannya apa yang telah menjadi instruksi bupati, ketika rakor di Sekolah Kopi beberapa hari sebelumnya, untuk segera ditindaklanjuti oleh pemerintah pekon masing-masing baik dalam hal pengalokasian anggaran untuk menanggulangi bencana Covid-19 serta pembentukan tim relawan Covid-19 di tingkat pekon harus melibatkan semua komponen yang ada di pekon. 

Pihaknya juga juga mengharapkan peratin untuk bekerja dan menjaga Posko PPKM Mikro bersama relawan satgas Covid-19 tingkat pekon, dapat menyiapkan tempat cuci tangan dan perlengkapannya di tempat-tempat umum serta terus menghimbau masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Andy juga minta kepada satgas pekon se-Kecamatan Airhitam, untuk lebih mengaktifkan posko PPKM mikro seperti dalam pendataan keluar masuk masyarakat, termasuk perihal instruksi Mendagri, gubernur, sebagai mana saat ini Lampung masuk PPKM level 3. Dan juga setiap pekon akan kita lakukan pelatihan pemulasaraan pemakaman. 

“Mari kita bersama-sama untuk bekerjasama bahu membahu, antara pemerintah kecamatan dan pekon serta masyarakat untuk memutus rantai penyebaran virus Corona, dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19,” ujarnya. 

Sementara Ketua Apdesi Kecamatan Airhitam Husain menyambut baik arahan bupati sebagaimana disampaikan oleh camat Andi. Dimana arahan yang disampaikan orang nomor wahid di Kabupaten Lambar tersebut secara garis besar telah dijalankan merata oleh pekon di kecamatan itu.

Dan dalam mengajak masyarakat untuk mentaati anjuran pemerintah khususnya dalam penerapan protokol kesehatan, bukan saja melalui aksi-aksi cepat dan tegas namun juga melalui tindakan yang humanis. Sehingga masyarakat betul-betul menyadari pentingnya penerapan prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang kondisinya semakin memprihatinkan. 

Pihaknya juga memaparkan langkah-langkah preventif yang telah dilakukan satgas pekon baik dalam pencegahan maupun penanganan. Selain menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang dihelat setiap satu bulan, juga langkah-langkah lainnya dalam penggunaan Delapan Persen (8%) ADD untuk penanganan covid. 

“Untuk apa yang telah dan sedang serta yang sudah kami persiapkan dalam penanganan Covid-19 bisa berkunjung langsung ke Posko,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait