Rakor Linsek Erna Tekankan Instruksi Bupati Terhadap Peran Satgas Covid-19 Sekolah 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meskipun dalam pelaksana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tatap Muka Terbatas, seiring Kabupaten Lambar masih diberlakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level Tiga, telah terbentuk dan di SK-kan Satgas Covid-19 Sekolahan. 

Namun Camat Kebuntebu Ernawati, S.E., menekankan dalam pencegahan, pengawasan Covid-19 disekolah bukan mutlak tugas satgas sekolah, melainkan tanggung jawab bersama, keterlibatan satgas pekon serta bidan dan perawat pekon.

Bacaan Lainnya

Penekanan tersebut di sampaikan Ernawati, saat pimpin rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral kecamatan yang melibatkan Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) seperti Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas, Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), seluruh Peratin dan seluruh Kepsek di kecamatan itu. 

Disampaikan Erna dengan kembali diterapkan KBM tatap muka, maka untuk mencegah terjadinya klaster Covid-19 disekolah, maka dibentuklah satgas sekolah, dan dalam mendukung upaya itu, peran satgas terkotak namun jadi tanggung jawab bersama.

Seperti peran bidan dan perawat desa, melakukan penerapan protokol kesehatan (prokes) di jam masuk dan jam luar sekolah. Sementara peratin sebagai Ketua Satgas Pekon dapat menggerakkan anggota pemantauan di fasilitas pekon seperti di kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). 

Dan Satgas sekolah yang terdiri dari para guru, mengoptimalkan peran fungsi. Seperti harus adanya laporan setiap hari kepada Kepala Sekolah (Kepsek), seperti contoh laporan apakah ada siswa terpantau tidak sehat, untuk langsung dikoordinasikan dengan pihak pekon dan medis. 

“Himbauan saya, walaupun di sekolah. Dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 bukan mutlak tugas satgas sekolah tapi tugas bersama pekon. Melalui keterlibatan dari semua unsur,” tandasnya.

Sekedar diketahui selain rakor linsek Camat beserta jajaran, dan petugas babinsa, bhabinkamtibmas melakukan inspeksi mendadak (Sidak) KBM Tatap muka sekolah-sekolah. (r1n/mlo)


Pos terkait