Rakor Perdana, Kemenag Lambar Bahas Program Kerja di Tahun 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Barat menggelar rapat koordinasi (rakor) perdana di tahun 2021

Kegiatan dihadiri oleh seluruh pejabat Kasi/Penyelenggara, ketua pokjawas beserta sejumlah pejabat di ruang yang dilaksanakan di ruang kerja kepala kantor kemenag setempat.

Bacaan Lainnya

Di kesempatan itu, Kakan Kemenag Maryan Hasan, S.Ag, M.Pd.I, mengatakan, ada beberapa agenda yang dibahas dalam pertemuan di awal tahun 2021 ini diantaranya terkait peningkatan mutu dan kualitas pendidikan madrasah, pelayanan umat beragama serta menyikapi situasi pandemi Covid-19.

“Prioritas program kerja Kemenag Lambar di tahun 2021 ini juga selaras dengan program pemerintah daerah yaitu soal pendidikan dan keagamaan,” ungkap Maryan.

Dari sisi pendidikan madrasah, lanjut dia, semua pihak berkomitmen juga konsen untuk terus meningkatkan pendidikan madrasah serta  memberikan pelayanan prima kepada madrasah, memperbaiki yang kurang, meningkatkan kembali yang sudah baik menjadi lebih baik lagi.

“Selain itu kepada pokjawas yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama agar terus meningkatkan pembinaan apakah itu kepada guru, kepala, atau administrasi lembaganya guna menjadikan Madrasah lebih baik dan mampu bersaing di era global seperti saat ini dimana dunia pendidikan terus berkembang pesat baik secara kualitas maupun kuantitas,” pesannya.

Sebab, ia berharap dunia pendidikan Madrasah di Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini mampu memberikan kontribusi positif bagi kehidupan dalam bermasyarakat dengan mencetak generasi-generasi muda yang berakhlak dan berilmu.

“Peningkatan pendidikan ini selaras dengan pitu program  Bupati yang salah satunya konsen terhadap peningkatan kualitas pendidikan,” jelasnya.

Sehingga, terusnya, meski kegiatan belajar mengajar (KBM) saat ini tengah dilaksanakan secara daring akibat meningkatnya penyebaran wabah Covid-19, namun ia berharap tidak mengurangi semangat peserta didik dan tenaga pendidik untuk melaksanakan KBM meski secara daring.

“Mengingat saat ini lambar bersatus zona merah, untuk sementara KBM Madrasah dan Ponpes kita lakukan secara Daring, karena keselamatan siswa harus diutamakan. Kendati begitu semua harus tetap semangat belajar,” pesannya.

Disamping itu, pembahasan juga dilakukan tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman covid di masa pandemi. 

“Sehingga dengan status zona merah ini kita  senantiasa waspada, dan kepada para pengurus rumah ibadah diminta untuk menjalankan protokol kesehatan serta turut mengawasi agar setiap jemaah memakai masker,” tuturnya.

Selanjutnya, perihal pelayanan keberangkatan Jemaah haji pada penyelenggaraan Ibadah Haji saat ini masih menunggu keputusan terbaru kemenag pusat.

“Kita berharap ibadah haji bisa terlaksana, tapi semua kembali pada situasi, apabila masih dalam suasana pandemi Covid-19, tentu masih menjadi pertimbangan pemerintah pusat untuk itu kita tunggu informasi lebih lanjut,” pungkasnya.(edi/mlo)


Pos terkait