Rangkaian HPSN, TNBBS Gelar Aksi Pungut Sampah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Minggu (21/2), pihak Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BB-TNBBS) Bidang Wilayah II Liwa Lampung Barat menggelar aksi pungut sampah di jalur Liwa-Krui. 

Plt. Kepala BB-TNBBS Bidang Wilayah II Liwa Ismanto, S.Hut, MP., mengungkapkan, selain melakukan pemungutan sampah anorganik jalur lintas Liwa-Krui (kawasan TNBBS) pihaknya juga menggelar kegiatan lain pada peringatan HPSN tahun ini. 

Bacaan Lainnya




“Kami melakukan pemasangan papan bertulis imbauan tidak membuang sampah dan tidak meninggalkan sampah di lokasi yg sering menjadi areal pembuangan sampah, pemasangan kami lakukan di beberapa titik,” ungkap Ismanto. 

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi ke pengendara agar tidak membuang sampah sembarangan, karena seperti diketahui jalur Liwa-Krui tersebut melintasi TNBBS dimana setiap harinya banyak lalu lalang kendaraan yang cukup rawan pengendara membuang sampah. 

“Kami juga mensosialisasikan kepada masyarakat pengguna jalan agar mengurangi penggunaan minuman yang menggunakan plastik kemasan dan menggantinya dengan tumbler,” kata dia, seraya menambahkan kegiatan lain yakni berupa pembagian stiker ajakan untuk menjaga hutan agar tetap bersih dari sampah anorganik dan juga memberikan makan ke satwa. 

Ia melanjutkan, HPSN ini bermula setelah terjadinya longsoran sampah di TPA Leuwigajah pada 21 Februari 2005, yang menyebabkan 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan Pojok) hilang dari peta, hal ini melatarbelakangi Pemerintah menetapkan tanggal 21 Februari sebagai HPSN.  Pada tahun 2021, Peringatan HPSN mengusung tema ‘Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi’.  

“Karena itu kami mengajak masyarakat untuk memaknai HPSN ini dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta memanfaatkan sampah yang bisa didaur ulang,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait