Rapid Test Reaktif, 17 Pegawai Langsung Jalani Swab Test

  • Whatsapp
Pelaksanaan Rapid Test hari kedua di Puskesmas Krui

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih melakukan tracing pada seluruh pegawai dilingkungan Pemkab setempat terutama yang pernah melakukan kontak langsung dengan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesbar.

Kepala Dinkes Pesbar Tedi Zadmiko, S.Km., mengungkapkan, hingga Selasa siang jumlah pegawai yang telah menjalani rapid test sebanyak 193 orang, dari jumlah tersebut sebanyak 17 orang dinyatakan reaktif dan langsung dilakukan swab test.

Bacaan Lainnya



“Jumlah tersebut merupakan pegawai yang menjalani rapid test dalam dua hari terakhir, selain 17 orang itu yang menjalani swab test, sebanyak tiga orang meski non reaktif tetap kita swab test karena mereka pernah melakukan kontak erat dengan pak Lingga,” kata dia.

Dijelaskannya, tracing pada seluruh pegawai, baik pegawai di lingkungan sekretariat Pemkab Pesbar maupun dari seluruh OPD dan instansi serta masyarakat umum tetap dilakukan, terutama yang pernah melakukan kontak langsung.

“Fokus tracing kita tidak hanya pada pegawai yang ada di sekretariat Pemkab saja, melainkan pegawai dari OPD dan masyarakat umum juga, hal itu agar semua orang yang pernah kontak langsung menjalani rapid test,” jelasnya.

Menurutnya, sebanyak 17 orang yang dinyatakan reaktif tersebut tidak hanya berasal dari sekretariat Pemkab saja, melainkan dari OPD dan instansi yang ada di lingkungan Pemkab Pesbar.

“Masih terus kita lakukan rapid test, hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini, salah satu cara sebelum dilakukan swab test adalah melalui rapid test itu,” ujarnya.

Lanjutnya, meski jumlah pegawai yang dinyatakan reaktif cukup banyak, namun pihaknya berharap tidak sampai membuat masyarakat panik, karena meski hasil rapid test reaktif namun belum bisa dipastikan positif sebelum hasil swab test diumumkan.

“Swab test sudah kita lakukan pada 17 orang itu, tinggal menunggu hasilnya, jika hari ini masih ada yang reaktif maka akan langsung kita swab test dan diserahkan ke Dinkes Lampung untuk dilakukan pemeriksaan,” tandasnya. (ygi/mlo)



Pos terkait