Ratusan HPR di Pekon Sukaraja Divaksin Rabies 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ratusan Hewan Penular Rabies (HPR) di Pekon Sukaraja, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat disuntik vaksin oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) kabupaten setempat, Kamis (17/6).

Kegiatan pelayanan gratis itu dipimpin Kabid Peternakan Alma Arif, S.I.P dan dihadiri Camat Batubrak Mat Suhyar S.I.P, Peratin Sukaraja Ali Sanjaya serta diikuti puluhan pemilik hewan peliharaan.

Bacaan Lainnya

Kabid Peternakan Alma Arif, S.I.P, mendampingi Kepala Disbunnak Ir Natadjudin Amran mengatakan, vaksinasi ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat usulan vaksinasi dari pemerintah pekon setempat. 

“Dalam pelayanan ini kami memberikan vaksinasi kepada rusatan HPR yang terdiri dari 173 ekor anjing, 27 ekor kucing termasuk memberikan pelayanan pengobatan ke 45 ekor anjing serta ternak kambing milik masyarakat setempat,” terangnya.

Dijelaskannya, kegiatan vaksinasi rabies ini dilakukan untuk melindungi hewan peliharaan masyarakat dari serangan virus rabies yang dapat membahayakan hewan itu sendiri dan akhirnya dapat membahayakan masyarakat apabila terkena gigitannya.

“Harapan kami ini dapat memotivasi masyarakat lainnya untuk mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan terhadap penularan rabies di Kabupaten Lambar,” kata dia.

Sementara itu, Camat Batubrak Mat Suhyar juga turut mengimbau seluruh masyarakat di kecamatan setempat agar mendukung upaya pemerintah untuk mencegah penyakit rabies dengan memberikan vaksin rabies kepada setiap hewan yang dipelihara. 

“Pemberian vaksin rabies ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab pemilik HPR, untuk itu kita mengimbau agar seluruh masyarakat bertanggungjawab atas hewan peliharaannya masing-masing. Salah satunya dengan memberikan vaksin,” pesannya.

Sementara, Peratin Sukaraja Ali Sanjaya menyampaikan terima kasih atas pelayanan vaksinasi yang diberikan, pihaknya mengapresiasi atas respon dari usulan yang disampaikan.

“Pelayanan vaksin rabies ini sangat dibutuhkan masyarakat, dan khususnya untuk masyarakat Pekon Sukaraja sangat antusias menyambut pelayanan gratis dari pemerintah ini,” tandasnya.(edi/mlo)




Pos terkait