Ratusan KPM PKH Cairkan Bantuan PKH Tahap Pertama 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kehadiran pemerintah untuk memberikan bantuan bagi masyarakat kurang mampu terus dilakukan sebagai upaya untuk membantu menstabilkan dampak ekonomi terutama di tengah wabah Covid-19.

Bantuan itu itu salah satunya adalah bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) 2021.

Bacaan Lainnya


Seperti di Pekon Hanakau, Kecamatan Sukau, tercatat sebanyak 243 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH melakukan pencairan untuk tahap pertama yaitu periode Januari 2021 pada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seperti di agen BRILink, Minggu (10/1). 

Sujana, tenaga Pendamping PKH setempat mengatakan, PKH tersebut menyasar sejumlah kelompok seperti ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas hingga lanjut usia (lansia) dan bantuan tunai yang dicairkan pertiga bulan.

“Pencairan dibagi dalam empat tahap, yaitu tahap pertama pada Januari tahap kedua April, tahap ketiga Juli, dan tahap keempat Oktober mendatang. Proses pencairan di transfer langsung kerekening KPM dan dicairkan melalui Himbara,” jelasnya.

Lanjut dia, besaran penyaluran PKH bergantung pada aspek kebutuhan keluarga meliputi aspek kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial, sehingga setiap KPM akan mendapatkan dana yang berbeda.

”Bansos untuk PKH di periode ini telah disesuaikan untuk setiap komponennya. Yakni bantuan untuk ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun sebesar Rp750 ribu, anak SD sebesar Rp225 ribu, anak SMP sebesar Rp325 ribu, anak SMA sebesar Rp500 ribu, penyandang disabilitas Rp500 ribu, serta lanjut usia sebesar Rp600 ribu,” pungkasnya. (edi/mlo)




Pos terkait