Ratusan Personil Pemegang Senpi Polres Pringsewu Jalani Tes Psikologi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim dari Bagian Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Lampung melakukan tes psikologi untuk ratusan personil Polres Pringsewu yang memegang senjata api (Senpi), Rabu (17/3).

Tes yang dilaksanakan di pendopo Pringsewu langsung disaksikan Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, S.Ik, dan Wakapolres Pringsewu Kompol Bestiana, S.Ik, para Kabag, para kasat serta ratusan personil Polres Pringsewu.

Bacaan Lainnya


“Tes ini wajib diikuti anggota yang memegang senjata dinas dan anggota calon pemegang senjata. Dari hasil tes ini dapat diketahui apakah masih layak atau tidak memegang senjata api. Dan kegiatan ini juga rutin dilakukan per 6 bulan,” kata Kabag Sumda Kompol Efendi Koto, SH.

Tes ini merupakan prosedur wajib yang harus dilalui. “Intinya juga tes dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senpi dalam bertugas karena faktor psikologi,” bebernya.

Prosedur penggunaan senpi telah diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Perkap) No.8/2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Perkapolri No.1/2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

“Dalam Perkap tersebut, penggunaan senjata api hanya boleh dilakukan ketika menghadapi kejadian luar biasa, membela orang lain dari ancaman kematian dan atau luka berat dan mencegah terjadinya kejahatan berat atau yang mengancam jiwa,” jelasnya. (sag/mlo)




Pos terkait