Ratusan Rumah Terendam Banjir Rob Hingga Selutut

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ratusan rumah warga di jalan Ikan Selar, Sukaraja, Telukbetung Selatan, Bandarlampung terendam banjir rob hingga setinggi 50 cm.

Banjir rob yang terjadi pada Senin (25/5) tersebut masuk ke rumah warga sejak pukul 07:00 WIB di wilayah Pesisir pantai Sukaraja.

Bacaan Lainnya



“Sekitar jam 7 tadi, air sudah masuk ke rumah dan sampai saat ini kondisinya masih tergenang, sekitar kurang lebih 300 rumah disini yang terendam,” kata Marto, salah satu tokoh masyarakat setempat.

Menurutnya, banjir ini merupakan banjir rob terparah dalam kurun waktu lima tahun terakhir. “Lima tahun yang lalu pernah kejadian, tapi baru sekarang sampai masuk rumah,” ujarnya.

Ketua RT 09 Kelurahan Sukaraja, Dian Oktavia Djano mengatakan banjir kali ini cukup mengejutkan, biasanya banjir rob hanya terjadi jika laut pasang dan hanya melanda rumah yang berada dekat dengan bibir pantai.

“Biasanya itu magrib pas bulan purnama air itu naik paling cuma semata kaki, ini kok naik subuh dan sampai selutut dan sekarang sudah sebetis, sekitar 55 rumah di RT saya kena dampaknya,” terangnya.

Meski begitu, dirinya masih bersyukur banjir rob kali ini tidak diselingi angin kencang ataupun hujan deras.

“Untungnya nggak ada hujan dan angin, kalau nggak roboh semua rumah yang dipinggir laut itu,” tambahnya.

Ia memprediksi banjir akan terus berlanjut hingga besok hari. “Biasanya sekitar jam 2 siang air bakal surut, dan besok sepertinya akan lebih tinggi lagi,” tandasnya.

Lain hal dengan ketua RT 06 Sukanta, ia mengungkapkan jika sudah tiga hari banjir rob melanda wilayahnya.

“Sudah tiga harian, tapi kemarin tidak masuk sampai rumah cuma lewat siring, di sini ada 60 rumah yang kena,” tuturnya.(rnn/mlo)



Pos terkait