Ratusan Warga Antusias Mengantri Layanan KB Gratis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelayanan KB Gratis dari Dinas Pengendalian Penduduk KB PP dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), di lapangan Kantor Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS), Kamis (31/10) diserbu oleh ratusan warga setempat.

Kepala Dinas P2KBP3A Ir. Amirian, MP., mengatakan, pada program pelayanan KB gratis sebagai bentuk partisipasi pemerintah daerah dalam penutupan TMMD yang dipusatkan di lapangan kantor Kecamatan BNS tersebut, pihaknya menyiapkan alat dan juga sumberdaya manusia (SDM) dengan lokasi kegiatan dipusatkan di Kantor PLKB kecamatan setempat.

Bacaan Lainnya


“Alhamdulillah karena sebelumnya telah dilakukan sosialisasi bahwa akan ada pelayana KB gratis maka masyarakat begitu antusias, dan ratusan masyarakat datang untuk mendapatkan pelayanan, sejak pagi tadi saya cek daftar hadir sudah mencapai 300 orang lebih yang mengantri untuk dilayani,” kata Amirian.

Dijelaskan, pelayanan tersebut selain sebagai bentuk partisipasi pemerintah daerah dalam penutupan TMMD, juga merupakan program pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan KB gratis kepada masyarakat khususnya yang ada di usia subur.

“Alat kontrarsepsi yang kami persiapkan dalam pelayanan tersebut yakni implan, suntik, pil dan juga kami sediakan kondom, dan rata-rata masyarakat yang datang meminta untuk mendapatkan pelayanan KB suntik dan pil KB,”  jelasnya.

Untuk kuota yang disiapkan, kata Amirian, yakni sebanyak 100 untuk KB Implan, namun hanya 50 yang akan dilayani dikarenakan prosesnya dan keterbatasan SDM, sementara sisanya sebanyak 50 akan dilayani di Puskesmas atau Pustu.

“Untuk suntik KB dan Pil KB kami siapkan kuota 1000, sementra untuk kondom jumlahnya cukup banyak, dan ketika tidak terserap semua pada pelayanan tersebut maka pihaknya akan menggelar pelayanan KB gratis di momen selanjutnya.

“Pada intinya kami siap memberikan pelayanan sebanyak-banyaknya kepada masyarakat yang datang, hanya saja untuk KB implan itu disesuaikan dengan kesanggupan dari SDM yang tersedia,” ujarnya.

Sementara Winda, salah seorang warga setempat mengaku berterimakasih dengan adanya pelayanam KB gratis dari Pemkab Lambar, dengan adanya pelayanan tersebut masyarakat merasa sangat terbantu.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pelayanan ini, apalagi petugas memberikan pelayanan dengan baik, tidak membeda-bedakan, karena itu kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah,” imbuhnya. (nop/mlo)




Pos terkait