Rawan, Komnas PA Minta Disdik Bandarlampung Tutup Akses PPDB Online SMP 2021

  • Whatsapp
Ketua Komnas Perlindungan Anak Kota Bandarlampung Ahmad Apriliandi Passa

Medialampung.co.id – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kota Bandarlampung menerima pengaduan orang tua murid terkait indikasi penipuan via telepon yang mengatasnamakan kepala sekolah dan guru di salah satu SMP Negeri di Bandarlampung, Rabu (1/9).

Pelaku langsung menelpon ke orangtua murid dan mencoba melakukan penipuan dengan modus sekolah akan memberikan bantuan kepada murid yang terdampak Covid-19 juga dengan modus lain mengiming ada beasiswa. namun harus mentransfer sejumlah uang kepada orang tua korban.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak Kota Bandarlampung Ahmad Apriliandi Passa yang menerima laporan tersebut via medsos dan telepon. 

Atas pengaduan tersebut kami telah tanggapi dan catat dalam registrasi buku pengaduan masyarakat tahun 2021 dan kami menghimbau orang tua siswa untuk berhati-hati menanggapi telepon yang mengatasnamakan pihak sekolah dan jangan cepat percaya tanpa mengecek kebenaran ke sekolah terkait. 

“Menurut pengkuan beberapa orang tua murid di mungkinkan data Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Tahun 2021 yang memuat nama siswa, nama orang tua, NIK, alamat, nomor telepon, pendidikan orang tua, pekerjaan, penghasilan dll yang disampaikan secara lengkap dalam situs tersebut dan sampai dengan saat ini masih bisa di akses melalui link aplikasi PPDB,” ujarnya. 

Atas keresahan dari pengaduan ini Komnas Perlindungan Anak Kota Bandarlampung meminta kepada Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung untuk menutup akses dari aplikasi PPDB Online Kota Bandarlampung agar data siswa dan orang tua yang tercantum tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. (*/mlo)


Pos terkait