Realisasi KUR di Lambar Tembus Rp243 Miliar 

  • Whatsapp
Kabag Perekonomian Setdakab Lambar Pirwan Bachtiar, S.E, M.M

Medialampung.co.id – Minat masyarakat Kabupaten Lambar untuk melakukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) cukup tinggi. Pasalnya, berdasarkan data pada sistem informasi kredit program (SIKP) per tanggal 4 Oktober tahun 2021 jumlah KUR yang disalurkan mencapai Rp243 miliar lebih 

Kabag Perekonomian Setdakab Lambar Pirwan Bactiar, S.E, M.M., mengungkapkan, Program KUR sangat membantu masyarakat dan pelaku usaha di Kabupaten Lampung Barat untuk modal usahanya. “Dana KUR sebesar Rp243 miliar lebih itu disalurkan kepada 9.588 debitur,” ungkap Pirwan.

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, realisasi penyaluran KUR pun terus mengalami peningkatan di Indonesia termasuk di Kabupaten Lambar, dan program KUR turut mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Program KUR selama ini sangat membantu masyarakat dan pelaku usaha mikro untuk mengelola dan mengembangkan usahanya. Maka dari itu pemerintah daerah menyambut baik dengan digulirkannya program KUR ini karena dengan adanya pinjamkan modal usaha ini maka akan membantu masyarakat dan pelaku usaha untuk mengembangkan usaha,” kata dia 

Ia menambahkan, penyaluran KUR sebesar Rp243 miliar itu melalui BRI Rp200 miliar lebih, Bank Mandiri Rp14 miliar lebih, BPD Lampung Rp17 miliar lebih, BNI sebesar Rp10 miliar lebih, serta BSM sebesar Rp122 juta lebih. 

Lebih jauh dia mengatakan, ada 10 sektor penyaluran KUR yaitu sektor usaha pertanian, perburuan dan kehutanan, sektor perikanan, sektor industri pengolahan, sektor perdagangan besar dan eceran, sektor penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum. 

Kemudian sektor transportasi, pergudangan dan komunikasi, sektor real estate, usaha persewaan dan jasa perusahaan, sektor jasa pendidikan. Lalu, sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial serta untuk sektor jasa kemasyarakatan, sosial, budaya, hiburan dan perorangan lainnya. 

“Kita berharap program KUR ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan pelaku usaha di Kabupaten Lampung Barat untuk menambah modal usahanya,” tutupnya.(lus/mlo)


Pos terkait