Relawan Covid-19 Airhitam Sisir Usaha Warga Edukasi Prokes

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam upaya mengajak masyarakat agar taat menjalankan protokol kesehatan, sekaligus menjaga status zero Covid-19. Gugus Tugas Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat bersama relawan covid-19 masing-masing pekon melakukan edukasi kepada masyarakat secara berkeliling.

Yakni berkunjung secara door to door ke rumah warga khususnya masyarakat yang kesehariannya menekuni usaha yang sifatnya mengumpulkan orang diantaranya pedagang manisan, jual beli hasil bumi, bengkel dan lain-lainnya. 

Bacaan Lainnya



Kepala Unit Pelaksana (UPT) Puskesmas Airhitam Asminudin, S.K.M., menegaskan, edukasi penerapan prokes menyisir tersebut dilaksanakan secara terjadwal, dan dihari pertama dilaksanakan di Empat pekon, yakni Semarangjaya, Sumberlam, Sinarjaya dan Gunungterang, begitu hingga hari-hari berikutnya. 

Lanjutnya, ditujuannya tempat-tempat usaha tersebut, karena warga yang menggeluti usaha dibidang tersebut diatas cenderung atau lebih berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19. 

“Kita berkunjung mengedukasi semua warga untuk mentaati protokol kesehatan, penggunaan masker, cuci tangan, jaga jarak, dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menyediakan tempat cuci tangan berikut deterjen standar air mengalir, menempatkan jarak duduk minimal Satu Setengah meter, serta berbagai kegiatan lainnya,” tegas Asminudin. 

Pihaknya berharap setelah adanya satu kasus Covid-19 di kecamatan tersebut dan saat ini telah dinyatakan sembuh, diharapkan tidak akan terjadi kasus lagi. Dengan catatan masyarakat taat dan saling melindung saling beredukasi antara satu dengan lainnya, secara bahu membahu memerang Covid-19 dengan taat prokes. 

Asminudin juga menyampaikan terimakasih kepada semua leading sector, dan masyarakat yang selama ini telah bekerja kerja dan terlibat dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19.

“Saya yakin dengan kebersamaan dan kekompakan ini pandemi ini tak lama lagi berakhir,” harapannya.

Selain edukasi menyisir pengawasan dan penjagaan juga diintesnakan setiap acara masyarakat diantaranya pesta pernikahan. (rin/mlo)



Pos terkait