Rencana Perehaban KKLD Terganjal Covid-19

  • Whatsapp
foto yayan/mlo

Medialampung.co.id – Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung, mengenai tindak lanjut lokasi Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) Kabupaten Pesisir Barat, yang merupakan tempat penangkaran Penyu di Pekon Muara Tembulih Kecamatan Ngambur, yang hingga kini kondisinya rusak dan tidak berfungsi.

Kepala Dinas Perikanan, Armen Qodar, S.P, M.M., mengatakan persoalan penangkaran penyu atau KKLD di Kabupaten Pesbar itu telah dibahas dan menjadi usulan Kabupaten Pesbar ke Pemerintah Provinsi dalam Musrenbang tingkat Kabupaten Pesbar. Berdasarkan dari hasil koordinasi dengan DKP Provinsi Lampung sebelumnya mengenai lokasi KKLD itu rencananya akan direnovasi.

Bacaan Lainnya



“Rencananya akan direhab oleh DKP Provinsi Lampung melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020,” katanya, Kamis (16/4).

Tapi, kata dia, karena ada kebijakan dari Pemerintah Pusat berkaitan dengan penanganan wabah virus corona atau Covid-19 yang berdampak pada DAK tahun 2020, diperkirakan anggaran yang akan dialokasikan untuk KKLD atau penangkaran penyu di Pesbar, baik perehaban sarana prasarana dan pengelolaan KKLD di tahun anggaran 2020 akan tertunda.

“Lokasi KKLD itu sebelumnya sudah diserahkan ke Pemprov melalui DKP Provinsi Lampung. Karena itu perehabannya mungkin tertunda karena menggunakan DAK tahun ini ” jelasnya.

Masih kata dia, pihaknya juga belum bisa memastikan kembali apakah nanti akan ada solusi ataupun langkah lain dari DKP Provinsi Lampung atau tidak, yang jelas sampai saat ini masih menunggu dan tentu Dinas Perikanan Pesbar tetap akan terus berkoordinasi. Mengingat KKLD tersebut merupakan salah satu spot destinasi wisata di Kabupaten Pesbar, bahkan bukan hanya sebagai destinasi wisata saja melainkan sebagai tempat untuk kegiatan belajar atau study para siswa sekolah maupun mahasiswa dan terkait lainnya untuk melakukan penelitian dan pengetahuan tentang spesies Penyu.

“Karena itu Pemkab Pesbar berharap KKLD bisa berfungsi dan dimanfaatkan kembali seperti sebelumnya,” ungkapnya.

Masih kata Armen, di sepanjang pinggir pantai terutama di wilayah KKLD itu merupakan salah satu tempat mendaratnya penyu untuk bertelur. Sehingga, jika KKLD tidak berfungsi, jelas akan berdampak pada habitat penyu di perairan Pesbar yang akan terancam punah, sehingga perlu dilakukan penanganan secepatnya agar habitat penyu dapat terjaga agar tidak punah.

“Terlebih di Pesbar ini ada beberapa jenis penyu yang kerap mendarat di pinggir pantai seperti penyu Lekang, penyu Sisik, penyu Hijau dan penyu Belimbing,” tandasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait